Dalam kuliah ini akan dipelajari konsep dasar teori graf yang dapat diaplikasikan untuk mereka yang bekerja di bidang riset operasi dan iptek komputer.
Prasyarat: MAT 221 Matematika Diskret
Dalam kuliah ini akan dipelajari formulasi dan teknik-teknik penyelesaian masalah optimisasi dinamis, dimana masalah optimisasi tersebut bergantung waktu. Teknik penyelesaian yang dipelajari dalam kuliah ini adalah teknik kalkulus variasi dan teknik control optimum untuk menyelesaikan masalah optimisasi bergantung waktu serta dipelajari juga aplikasinya pada bidang manajemen, ekonomi dan keuangan.
Prasyarat: MAT252 Persamaan Diferensial Biasa
Mata kuliah ini membahas: pengembangan model Riset Oprasi untuk memecahkan permasalahan nyata. Secara khusus akan dibahas pengembangan model optimisasi berkendala. Topic yang dibahas mencakup: taksonomi permasalahan optimasi serta berbagai pendekatan untuk memecahkannya, review tentang pemodelan pemograman metematika, penggunaan variable diskrit, representasi kondisi logic dengan variable biner, variable berbentuk special ordered set, set covering problem, set packing problem, set partitioning problem, knapsack problem, traveling salesperson problem, quadratic assignment problem, implementasi model riset operasi.
Prasyarat: MAT232 Pemrograman Linear, MAT234 Graf Algoritmik
Mata kuliah ini membahas pemrograman linear (PL) beserta penyelesaiannya dengan Metode Simpleks Dua fase), aspek teoritisnya, analisis sensitivitasnya, serta membahas salah satu model PL ( misalnya model trasportasi) dengan menggunakan teknik lain.
Prasyarat: MAT215 Aljabar Linear
Dalam kuliah ini akan dipelajari masalah optimisasi tanpa kendala dan dengan kendala yang dapat diaplikasikan untuk mereka yang bekerja di bidang ekonomi, keuangan dan industri.
Prasyarat: MAT212 Kalkulus III

Session Replace: Table './math/mdl_sessions2' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed