Mata kuliah ini membahas: Ekonomi asuransi, model risiko individual jangka pendek, sebaran survival dan tabel hayati, asuransi jiwa, anuitas dan anuitas hidup, premi, dan cadangan keuntungan (benefit reserves).
Prasyarat: MAT353 Pengantar Teori Peluang
Dalam kuliah ini akan dipelajari teori tingkat bunga, fungsi-fungsi dasar bunga majemuk, tingkat bunga nominal, anuitas yang dibayarkan secara periodik, discounted cash flow, serta penilaian suatu sekuritas. Dalam kuliah ini juga akan dikenalkan konsep pembentukan persamaan nilai dan penentuan yield dari suatu persamaan nilai. Walaupun bukan prasyarat, pengambilan matakuliah Analisis Numerik yang dilakukan bersamaan dengan pengambilan matakuliah ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memahami materi.
Prasyarat: MAT 211 Kalkulus II
Dalam kuliah ini akan dipelajari tentang insrumen investasi keuangan di pasar modal, mekanisme perdagangan di pasar perdana dan pasar sekunder, mekanisme perdagangan saham serta mekanisme penyelesaian transksaksi saham di Bursa efek Jakarta. Dalam kuliah ini juga akan dipelajari tentang resiko dan imbal hasil melakukan investasi di pasar modal, serta teknik dan penyusunan portofolio investasi di pasar modal dan strategi investasi di pasar modal.
Prasyarat: MAT242 Matematika Keuangan