Pada mata kuliah ini dibahas materi berikut. Peran pemodelan kuantitatif dalam Penelitian Ilmiah: Penelitian Kualitatif, Penelitian Kuantitatif. Peubah Acak dan Sebarannya: Metode pengukuran data (atribut), Skala/jenis data. Pendugaan Parameter dan Pengujian Hipotesis: Pengujian nilai tengah populasi, Pembandingan nilai tengah dua atau lebih populasi. Oneway Classification. Ukuran Asosiasi dan hubungan kausalitas: Pearson, Spearman,Tau-Kendall. Analisis Regresi: Linear sederhana, Non-linear, Regresi linear berganda. Path Analisis: Pembuatan model kausalitas, Menduga efek langsung dan tak langsung. Uji validitas. Analisis Data Kategori: Uji Kebebasan, Model loglinear, Model Logistik. Cluster dan CHAID Analisis, Positioning, Analisis Korespondensi. Dasar-dasar Perancangan Percobaan: Rancangan Acak Lengkap, Rancangan Blok, Rancangan Faktorial.
Prasyarat: MAT354 Statistika Matematika
Pada mata kuliah ini dibahas materi: model konduksi panas, model difusi, penerapan model difusi dalam penyebaran polutan, solusi numeric model difusi.
Prasyarat: MAT212 Kalkulus III, MAT252 Pers. Diferensial Biasa
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang proses pembentukan suatu model matematik dari suatu bentuk masalah nyata beserta teknik-teknik komputasi untuk mencari solusinya. Berbagai jenis model matematik diterapkan pada masalah-masalah nyata pada berbagai bidang disiplin.
Prasyarat: MAT212 Kalkulus III, MAT 215 AljabarLinear, MAT 252 Persamaan Diferensial Biasa. MAT351 Persamaan Diperensial Persial
Mata kuliah ini membahas materi teori peluang dengan penekanan pada penguasaan konsep dan kemampuan untuk membuktikan teorema-teorema inti terkait. Materi kuliah meliputi: Peluang: definisi peluang, teknik mencacah, peluang bersyarat, teorema Bayes.Peubah acak diskret, kontinu, peubah acak bebas, sebaran bersyarat.Fungsi dan sebaran bersama peubah acak.Nilai harapan peubah acak dan nilai harapan bersyarat.Fungsi pembangkit momen.Teorema limit: hukum bilangan besar, konvergen dalam sebaran, konvergen dalam peluang, teorema limit pusat.Sebaran yang diturunkan dari sebaran normal: khi-kuadrat, sebaran t dan F.
Prasyarat: MAT212Kalkulus III
Dalam kuliah ini akan dipelajari teknik pencarian solusi persamaan diferensial orde satu, orde dua, orde lebih tinggi, sistem persamaan diferensial linear dan persamaan beda dengan beberapa aplikasinya. Dalam kuliah ini juga akan dikenalkan konsep permodelan matematika dan teknik penyelesaian persamaan diferensial menggunakan deret dan transformasi Laplace. Walaupun bukan prasyarat, tetapi pengambilan matakuliah Kalkulus III yang dilakukan bersamaan dengan pengambilan matakuliah ini akan banyak membantu mahasiswa memahami materi.
Prasyarat: MAT211 Kalkulus II, MAT215 Aljabar Linear
Dalam kuliah ini akan dipelajari konsep pemodelan masalah dalam bentuk persamaan diferensial parsial. Disamping itu akan dipelajari secara mendalam masalah solusi persamaan Diferensial Parsial orde 1 dan orde 2, serta masalah nilai awal dan nilai batas untuk persamaan orde 2. Sebagai pelengkap bahasan akn dipelajari konsep umum pencarian solusi nuerik dari persamaan diferensial parsial.
Prasyarat: MAT212 Kalkulus III, MAT252 Persamaan Diferensial Biasa
Pada mata kuliah ini akan dibahas materi-materi berikut: Gambaran umum pemodelan stokastik, Rantai Markov dengan Waktu Diskret, Proses Poisson, Rantai Markov dengan Waktu Kontinu, Proses Bercabang, Proses Pembaruan dan Penerapannya.
Prasyarat: MAT353 Pengantar Teori Peluang
Dalam kuliah ini akan dipelajari solusi kualitatif persamaan difersnial satu dimensi, dua dimensi dan chaos. Dalam kuliah ini juga akan dikenalkan teknik menganalisis model matematika dalam bentuk sistem persamaan diferensial (linear dan tak linear) dengan analisa secara dinamis terhadap parameter yang terlibat dalam model tersebut.
Prasyarat: MAT252 Persamaan Diferensial Biasa
Mata kuliah ini membahas: Teori penarikan contoh dan pengertian statistik.Pendugaan parameter: metode momen, metode kemungkinan maksimum.Efisiensisuatu penduga parameter (batas bawah Cramer-Rao dan teorema Phipp).Kecukupan (teorema faktorisasi dan Rao-Blackwell).Pengujian hipotesis.Analisisragam.Metode kuadrat terkecil: regresi linear sederhana, pendekatan matriks, regresi berganda.Teori keputusan dan inferensia Bayes.
Prasyarat: MAT353 Pengantar Teori Peluang