Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

Beranda arrow Mahasiswa & Alumni arrow Alumni Program Magister Sains
 
Informasi Publikasi

Judul Artikel : Query-Sensitive Measure dalam Temu Kembali Dokumen Berbahasa Indonesia
Penulis : Sri Nurdiati, Julio Adisantoso, Adam Salnor Akbar (2007)
Judul Publikasi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Vol.5 No.2 hal. 44-50
Nama Penerbit : Departemen Ilmu Komputer FMIPA, Institut Pertanian Bogor
Kota : Bogor
Jenis : Jurnal Nasional
Bahasa : Indonesia
Abstrak : ujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan dan menganalisis kinerja dari suatu sistem temu kembali informasi yang menggunakan ukuran kesamaan Query-Sensitive Similarity Measure (QSSM) dalam pengklusteran dokumen, serta membandingkan kinerja ketiga ukuran QSSM (M1, M2, dan M3). Jumlah dokumen yang digunakan dalam pengujian sistem ini sebanyak 700 dokumen dengan 30 kueri beserta gugus jawabannya. Algoritma Stemming dan penghilangan stopwords untuk pengolahan dokumen digunakan pada implementasi sistem.
Hasil penelitian menunjukkan penentuan threshold berpengaruh dalam menilai keefektifan suatu ukuran yang digunakan untuk pengklusteran dokumen. Pada penelitian ini digunakan dua nilai threshold, yaitu 0.001 dan 0.025. Pada threshold 0.025 ukuran kesamaan M2 lebih unggul dibandingkan kedua ukuran kesamaan lainnya (M1 dan M3) dengan nilai AVP untuk M2=0.497, M1=0.304, dan M3=0.476. Keunggulan M2 dibandingkan M1 dan M3 diperkuat dengan uji t berpasangan. Pada threshold 0.001 ukuran kesamaan M2 menghasilkan nilai AVP=0.540, M1 menghasilkan nilai AVP=0.491, dan M3 menghasilkan nilai AVP=0.535.
Dari nilai AVP yang dihasilkan, ukuran kesamaan M2 lebih unggul dibandingkan M1, M3 juga lebih unggul dibandingkan M1, sedangkan perbandingan antara M2 dan M3 berdasarkan uji t berpasangan, keefektifan kedua ukuran ini tidak ada perbedaan, tetapi M2 cenderung lebih unggul pada tiap standar tingkat recall.
 
Link Penulis
No Nama Dosen
1 Prof. Dr. Ir. Sri Nurdiati, M.Sc.

Random Quotes

Jangan tinggalkan hingga esok apa yang boleh disiapkan hari ini.

anonim