Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

Beranda arrow Dosen & Pendukung arrow Daftar Tenaga Pendidik (Dosen)
 
Informasi Publikasi

Judul Artikel : Formalisasi Navigasi mobile Robot (Studi Kasus Robot KRCI Fateta IPB 1006)
Penulis : Didit W., Prapto Tri Supriyo, Wisnu Ananta Kusuma (2007)
Judul Publikasi : Prosiding seminar nasional Teknologi dan rekayasa industri Vol.2
Jenis : Makalah Seminar Nasional
Bahasa : Indonesia
Abstrak : Penelitian ini diinspirasikan oleh kebutuhan desain kontrol navigasi robot FATETA pada KRCI 2006. KRCI (Kontes Robot Cerdas Indonesia) adalah kontes robot yang diselenggarakan di Indonesia setiap tahunnya. Aturan kontes mensyaratkan robot mengunjungi setiap ruangan tepat 1 (satu) kali. FATETA pada waktu itu membuat robot desain kontrol navigasi yang tidak diformaisasi, sehingga sangat mungkin bagi robot untuk gagal kembali ke starting point (tempat start), menemukan ruangan yang belum dikunjungi, dan mengunjungi ruangan lebih dali 1 (satu) kali. Tujuan penelitian ini adalah membangun prototipe sistem navigasi mobile robot yang dispesifikasikan dengan bahasa spesifikasi Linear Temporal Logic (LTL) dan terverifikasi. Sedangkan untuk metodologi penelitian adalah merumuskan sistem informal, menspesifikasikan sistem secara formal, melakukan verifikasi prototipe sistem, dan merekomendasikan hasil prototipe tersebut untuk diterapkan. Akhirnya hasil dari penelitian telah membuktikan Linear Temporal Logic (LTL) melalui prototipe tersebut dapat memecahkan masalah kendali navigasi, sehingga prototipe ini dapat diusulkan untuk digunakan oleh robot FATETA dan atau siapa saja pada kontes robot berikutnya.
 
Link Penulis
No Nama Dosen
1 Drs. Prapto Tri Supriyo, M.Kom.

Random Quotes

Pandanglah segala sesuatu dari kacamata orang lain. Apabila hal itu menyakitkan hatimu, sangat mungkin hal itu menyakitkan hati orang lain pula.

anonim