Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Informasi Publikasi

Judul Artikel : Analisis dan penerapan agoritma RIPEMD-160 sebagai fungsi penyandi dalam proses autentikasi password
Penulis : Hardyan E.P., Sugi Guritma, Agus Buono (2004)
Judul Publikasi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Vol.2 No.1 hal. 10-19
Nama Penerbit : Departemen Ilmu Komputer FMIPA, Institut Pertanian Bogor
Kota : Bogor
Jenis : Jurnal Nasional
Bahasa : Indonesia
Abstrak : Setiap pengguna komputer memiliki hak akses yang berbeda-beda dalam penggunaan sumber daya yang ada di suatu komputer. Untuk menentukan batasan hak akses ini, biasanya digunakan skema autentikasi yang umumnya menggunakan password sebagai bukti keabsahan seseorang untuk mengakses sumber daya tersebut. Namun demikian ada faktor-faktor yang bisa dimanfaatkan oleh orang yang kurang menghargai privasi orang lain untuk menggunakan sumber daya yang bukan haknya. Untuk mengatasi masalah ini perlu dibuat suatu skema autentikasi yang baik dengan tambahan mekanisme-mekanisme pendukung untuk melindungi sumber daya seorang pengguna. Salah satu mekanisme pendukung yang digunakan dan menjadi topik bahasan dalam penelitian ini adalah kriptografi. Algoritma kriptografi berfungsi sebagai fungsi penyandi dalam suatu skema autentikasi.
Dalam penelitian ini dideskripsikan dan dianalisis algoritma RIPEMD-160 baik dari segi teori, keamanan, kompleksitas algoritma dan hasil implementasi dimna sebagai pembandingnya adalah algoritma MD5 dan SHAI. Selain itu, seperti halnya algoritma RIPEMD-160, dalam penelitian ini juga dideskripsikan dan dianalisis sebuah skema autentikasi sederhana buatan Manber, 1994, dengan sedikit modifikasi untuk memudahkan implementasi skema kedalam program komputer, yang menggunakan algoritma RIPEMD-160 sebagai fungsi penyandinya.
 
Link Penulis
No Nama Dosen
1 Dr. Sugi Guritman

Random Quotes

Rumah tanpa buku umpama bilik tanpa tingkap

anonim