Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Informasi Publikasi

Judul Artikel : Analisis Algoritma dan Waktu Dekoding Kode BCH Dalam Pengoreksian Galat Pada Transmisi Pesan Teks
Penulis : Shelvie Nidya Neyman, Sugi Guritman dan Fitri (2007)
Judul Publikasi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Vol.5 No.1 hal. 1-10
Nama Penerbit : Departemen Ilmu Komputer FMIPA, Institut Pertanian Bogor
Kota : Bogor
Jenis : Jurnal Nasional
Bahasa : Indonesia
Abstrak : Pengiriman data melalui saluran terganggu memungkinkan terjadinya galat pada pesan. Hal ini menyebabkan pesan yang diterima tidak sama dengan pesan yang dikirim. Pesan yang akan ditransmisikan akan dienkoding terlebih dahulu. Hasil enkoding tersebut adalah berupa bit-bit tambahan yang kemudian ditempelkan pada pesan asli sehingga pesan asli dapat dilindungi jika terjadi galat. Kemudian penerima pesan akan melakukan proses dekoding terhadap pesan tersebut untuk mengetahui apakah terdapat galat pada pesan yang diterima tersebut dan juga untuk memperoleh data asli yang dikirim. Salah satu algoritma yang dapat digunakan adalah Kode BCH (Bose Chaudhuri Hocquenghem) yang ditemukan oleh A. Hocquenghem, R. C. Bose dan D. K. Ray Chaudhuri.
. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan memahami teknik konstruksi algoritma dekoding Kode BCH, mengimplementasikan algoritma dekoding pesan untuk menilai kinerja algoritma dekoding Kode BCH, dan menganalisis kompleksitas algoritma dekoding Kode BCH. Melalui penelitian ini diperoleh hasil analisis kompleksitas algoritma dekoding Kode BCH dan uji kelayakan dekoding pesan yang bermanfaat untuk mengetahui kecepatan dalam proses dekoding Kode BCH dan mengetahui kemampuan Kode BCH dalam memperbaiki galat.
 
Link Penulis
No Nama Dosen
1 Dr. Sugi Guritman

Random Quotes

Jika seseorang mendengar dan memegang kebenaran di pagi hari, orang itu dapat mati tanpa penyesalan di malam hari.

anonim