Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

Alumni
Previous month Previous day Next day Next month
See by year See by month See by week See Today Search Jump to month
Seminar Tugas Akhir Devina Anggraini
Jumat, Desember 20 2013, 13:00 - 14:00 by  Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya Hits : 1453

Seminar Tugas Akhir

Devina Anggraini
g54070037

Dosen Pembimbing

Dr. Toni Bakhtiar, M.Sc.
Dra. Farida Hanum, M.Si.

Dosen Penguji
   
Pembahas

Aulia Retnoningtyas
Muhammad Nuraqil Khoiri
Peni Fitria Raharjanti

Penjadwalan Siaran Iklan pada Televisi menggunakan Metode Integer Linear Prgramming dan Metode Heuristik

Kebutuhan hidup masyarakat sekarang ini semakin meningkat. Kebutuhan tersebut meliputi kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya manusia perlu bekerja, untuk mendapatkan barang dan jasa yang diinginkan manusia harus bersaing satu sama lain. Barang dan jasa yang diperjualbelikanpun memerlukan suatu wadah atau tempat untuk mempromosikan barang tersebut. Hal tersebut dinamakan dengan periklanan (advertising). Berdasarkan tujuannya, iklan dibedakan atas iklan penawaran atau permintaan dan iklan pengumuman. Berdasarkan ruang (space), iklan dibedakan menjadi iklan baris dan iklan display. Iklan yang disiarkan oleh media elektronik seperti televisi merupakan contoh iklan display yang dalam penayangannya memerlukan aturan khusus agar iklan yang ditayangkan optimal. Perusahaan penyiaran menjual sejumlah slot iklan. Pada umumnya perusahaan iklan membeli terlebih dahulu slot iklan yang disediakan oleh perusahaan penyiaran. Iklan yang ditayangkan akan ditentukan kemudian. Perusahaan penyiaran mengatur agar iklan yang sejenis ditayangkan dengan jeda semerata mungkin berdasarkan jumlah slot yang tersedia. Dalam karya ilmiah ini permasalahan penjadwalan iklan akan dimodelkan dalam bentuk integer linear programming dan metode heuristik, sebagai masalah optimisasi dengan fungsi objektif dan kendala yang linear serta variabel berupa bilangan bulat. Model penjadwalan iklan dalam karya ilmiah ini diperoleh dengan beberapa modifikasi dari artikel berjudul Scheduling commercial videotapes in broadcast television yang ditulis oleh Srinivas Bollapragada, Michael R. Bussieck, dan Suman Mallik tahun 2004. Penjadwalan iklan dalam karya ilmiah ini dapat diselesaikan dengan menggunakan metode Integer linear programming. Selain itu penjadwalan dapat juga diselesaikan dengan metode heuristik. Penyelesaian masalah dalam penjadwalan iklan dengan metode integer linear programming menghasilkan nilai pada fungsi objektif yang lebih kecil dari pada menggunakan metode heuristik. Metode heuristik memang bukan merupakan solusi optimal, namun metode ini termasuk metode yang cukup sederhana dan mudah diterapkan dibandingkan metode lain.

Back

JEvents v1.4.2   Copyright © 2006-2007

Random Quotes

Sebagian besar orang akan mengancam bila keadaannya sudah terdesak dan dirinya telah diliputi perasaan takut, tetapi sebagian lagi akan melakukannya karena tidak ada pilihan lain.

anonim