Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : Studi terhadap Sebaran Stasioner pada Sistem Bonus-Malus Swiss
Jenis : Skripsi
Penulis : Rensy Ermawaty
NRP : G05400005
Tanggal Lulus : 26 January 2007
Tanggal Seminar : 04 January 2007 12:00
Tanggal Sidang : 08 January 2007 10:30
Pembimbing : Dr. Ir. I Gusti Putu Purnaba, DEA.
Prof. Dr. Ir. I Wayan Mangku, M.Sc.

Ringkasan : Sistem Bonus-Malus Swiss (BMS) merupakan salah satu sistem pada asuransi mobil. Sistem BMS memiliki jumlah state (x) yang terbatas yaitu 22 state dan premi yang dibayarkan oleh setiap pemegang polis tergantung pada state tersebut. Tiap tahun state dari seorang pemegang polis ditentukan oleh state tahun sebelumnya dan banyaknya kecelakaan yang dilaporkan pada tahun tersebut. Jika tidak ada kecelakaan yang dilaporkan pada jangka waktu satu tahun maka state akan berkurang sebanyak satu dan untuk setiap kecelakaan yang dilaporkan maka state akan mengalami kenaikan sebanyak s. Sebelum tahun 1990 nilai s yang digunakan pada sistem BMS adalah 3, tetapi sejak tahun 1990 berubah menjadi 4. Penetapan state dalam sistem BMS didasarkan pada pencarian sebaran stasioner F(x) yang menyatakan banyaknya pemegang polis dalam setiap state. Untuk menentukan sebaran stasioner F(x) digunakan metode rekursif. Dalam karya tulis ini perhitungan sebaran stasioner didasarkan pada 2 asumsi, yaitu : (a) banyaknya kecelakaan menyebar Poisson dengan parameter lambda dan (b) banyaknya kecelakaan menyebar Binomial Negatif dengan parameter alpha dan 1/beta+1. Selain penghitungan sebaran stasioner, diukur juga suatu ukuran efisiensi dari sistem BMS yaitu efisiensi asimtotik. ukuran efisiensi ini dihitung berdasarkan rataan frekuensi kecelakaan lambda dan rataan premi jangkla panjang b(lambda). Berdasarkan penghitungan sebaran stasioner dan nilai dari maksimal efisiensi asimtotik, dapat disimpulkan bahwa sistem BMS yang lama (s=3) lebih efisien dibanding sistem BMS yang baru (s=4).

Random Quotes

Ketika pemberi skor terbesar (Tuhan) mulai menulis mengenai nama anda, Ia menandai, bukan apakah anda menang atau kalah, tetapi bagaimana anda memainkan permainan tersebut.

anonim