Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : Persaingan Antara Produsen Heterogen Yang Melayani Konsumen Heterogen
Jenis : Skripsi
Penulis : Engkus Kusnadi
NRP : G05496004
Tanggal Lulus : 01 January 1970
Tanggal Seminar : 25 September 2003 10:00
Tanggal Sidang : 29 September 2003 11:00
Pembimbing : Dr. Ir. Hadi Sumarno, MS.
Dr. Ir. Retno Budiarti, MS.

Ringkasan : Dalam era globalisasi sekarang ini, suatu produsen harus dapat memilih strategi tepat yang akan digunakannya agar dapat mempertahankan eksistensinya di pasar dan mampu bersaing dengan produsen lain yang memproduksi barang/jasa sejenis. Pada tulisan ini dibahas persaingan antara produsen heterogen yang melayani konsumen heterogen. Produsen dikatakan heterogen karena memilki biaya produksi, waktu proses yang berbeda. Sedangkan konsumen dikatakan heterogen karena konsumen memiliki fungsi permintaan dan kepekaan terhadap waktu tunda yang berbeda. Konsumen peka terhadap waktu peka. Konsumen membeli barang/jasa dari produsen yang menawarkan harga penuh saling murah. Produsen bersaing saling menetapkan harga, tingkat produksi, dan penjadwalan untuk masing-masing tipe konsumen. Kesetimbangan persaingan merupakan incentive compatible (sama-sama untung), jika tiap konsumen yang indistinguishable (tak dapat dibedakan) mempunyai keuntungan dengan menunjukkan tipe dia yang sebenarnya. Hal tersebut dirumuskan dengan : Konsumen dengan biaya tunda lebih rendah akan mengakibatkan harga penuh yang lebih murah pula. Pada akhirnya akan ditunjukkan bahwa produsen yang mempunyai sifat faster produser akan memiliki jaringan pasar yang luas, harga pasar yang lebih tinggi, serta pengiriman yang lebih cepat, kecuali untuk konsumen yang kurang sensitif terhadap waktu tunda.

Random Quotes

Selalu ada bahaya, bagi siapa pun yang menakutkan sesuatu.

anonim