Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : PROSES PENEMUAN PENGETAHUAN DALAM BASIS DATA
Jenis : Skripsi
Penulis : La Ode Abdul Rahman
NRP : G301813
Tanggal Lulus : 16 May 1998
Tanggal Seminar :
Tanggal Sidang :
Pembimbing : Dr. Ir. Sri Nurdiati, M.Sc.
Drs. Ali Kusnanto, M.Si.

Ringkasan : Basis data ( database ) merupakan kumpulan data yang terstruktur dan saling berkaitan. salah satu masalah yang sering dihadapi dalam basis data dalah sulitnya menemukan informasi atau pengetahuan yang terkandung didalamnya. Hal ini disebabkan kurang efisiennya informasi yang tersedia, misalnya karena informasi tersebut mempunyai jumlah atributyang cukup besar yang jauh dari kemampuan manusia untuk menganalisanya.Penelitian ini memperkenalakan proses penemuan pengetahuan yang terkandung dalam basis data dengan menggunakan metode generalisasi data berorientasi atribut.Metode ini dipilih karena lebih efisien dibanding metode lain yang dikenal. proses penemuan pengetahuan dalam basis data dilakukan dengan cara menemukan aturan-aturan karakteristik, aturan kesamaan dan aturan akhir yang diturunkan ( inheritence rules).Penelitian ini menganalisa data relasi hewan yang terdiri dari sembilan atribut yaitu rambut, bentuk gigi, letak mata, bulu, bentuk kaki, jenis makanan, susu, terbang dan renag. pengetahuan yang diperoleh dari data tersebut antara lain :Hewan berrambut jika dan hanya jika hewan tersebut menyusui (aturan karakteristik), Hewan tidak berbulu jika hanya jika hewan tersebut menyusui (aturan kesamaan),Jika hewan mamalia bergigi tajam, maka hewan tersebut karnivora (aturan akhir).

Random Quotes

Doa memberikan kekuatan pada orang yang lemah, membuat orang tidak percaya menjadi percaya dan memberikan keberanian pada orang yang ketakutan.

anonim