Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : Stabilitas Global Model Holling-Tanner Tipe II
Jenis : Skripsi
Penulis : Lazuardi Ramadhan
NRP : g54070022
Tanggal Lulus : 20 February 2013
Tanggal Seminar : 22 January 2013 13:01
Tanggal Sidang : 31 January 2013 12:31
Pembimbing : Drs. Ali Kusnanto, M.Si.
Dr. Paian Sianturi

Ringkasan : Mangsa pemangsa merupakan salah satu fenomena alam yang patut untuk dipelajari, bukan hanya untuk pelestarian organisme tersebut tetapi juga dampak keseimbangan alam yang diakibatkan oleh populasi keduanya di masa datang. Oleh karena itu, dibuat beberapa model persamaan untuk menggambarkan perkembangan populasi mangsa dan pemangsa dari waktu ke waktu, salah satunya adalah model Holling-Tanner tipe II yang dibahas dalam karya ilmiah ini. Metode yang digunakan dalam pembahasan adalah analisis kestabilan titik tetap T_1 (1,0) dan T_2 (x,y) yang diperoleh dari penondimensionalan model dengan menyisakan parameter a, β, dan δ. Jenis kestabilan titik tetap ditentukan oleh nilai eigen yang diperoleh dari masing-masing titik tetap tersebut. Kemudian, dinamika populasi mangsa-pemangsa beserta bidang solusinya digambarkan dengan pemrograman fungsional. Ada 3 kasus agar titik tetap T(x,y) mencapai kestabilan, yakni kestabilan secara global. Pada salah satu kasus, titik tetap T(x,y) mengalami perubahan kestabilan dan kemunculan limit cycle di mana perubahan tersebut diakibatkan oleh perubahan nilai parameter β. Dengan itu, bifurkasi Hopf dapat ditunjukkan pada kasus tersebut.

Random Quotes

Ada hal-hal yang sangat ingin kamu dengar tetapi tidak akan pernah kamu dengar dari orang yang kamu harapkan untuk mengatakannya. Namun demikian, janganlah menulikan telinga untuk mendengar dari orang yang mengatakannya dengan sepenuh hati.

anonim