Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : Penyelesaian Masalah Daur Ulang Nutrisi dengan Menggunakan Metode Perturbasi Homotopi
Jenis : Skripsi
Penulis : Nurul Ain
NRP : g54070025
Tanggal Lulus : 11 August 2011
Tanggal Seminar : 22 June 2011 13:00
Tanggal Sidang : 18 July 2011 13:00
Pembimbing : Dr. Jaharuddin, MS.
Drs. Ali Kusnanto, M.Si.

Ringkasan : Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk karena hubungan timbal balik tidak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Interaksi berbagai komponen pada suatu ekosistem, khususnya proses daur ulang nutrisi dimodelkan secara matematika. Model proses daur ulang nutrisi yang diperoleh merupakan masalah taklinear. Model ini diselesaikan dengan metode perturbasi homotopi. Metode perturbasi homotopi merupakan suatu metode pendekatan analitik untuk menyelesaikan suatu masalah taklinear. Berdasarkan metode ini diperoleh bahwa penyelesaian model daur ulang nutrisi berbentuk deret pangkat. Dengan menggunakan bantuan software MATHEMATICA diperoleh bahwa semakin tinggi orde deret yang digunakan, semakin mendekati penyelesaian sesungguhnya. Jika tingkat pertumbuhan autotrof lebih besar dari laju kematiannya, maka banyaknya nutrisi abiotik dan organisme detritus mengalami penurunan sedangkan organisme autotrof mengalami peningkatan. Jika tingkat pertumbuhan dan laju kematian autotrof sama, maka banyaknya nutrisi abiotik, organisme autotrof, dan organisme detritus mengalami penurunan.

Random Quotes

Kata-kata yang diucapkan sembarangan dapat menyulut perselisihan. Kata-kata yang kejam dapat menghancurkan suatu kehidupan. Kata-kata yang diucapkan pada tempatnya dapat meredakan ketegangan. Kata-kata yang penuh cinta dapat menyembuhkan dan membawa berkat.

anonim