Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : MASALAH KONTROL OPTIMUM HAMA SECARA HAYATI
Jenis :
Penulis : Chastro Septiadi Simangunsong
NRP : g54080061
Tanggal Lulus : 15 May 2013
Tanggal Seminar : 09 April 2013 10:00
Tanggal Sidang : 18 April 2013 10:41
Pembimbing : Prof. Dr. Toni Bakhtiar, M.Sc.
Dra. Farida Hanum, M.Si.

Ringkasan : Hama merupakan spesies yang dapat menyebabkan kerugian pada hasil panen, serta mengganggu aktivitas petani. Upaya untuk mengurangi kerugian yang disebabkan oleh hama sangat diperlukan, salah satunya dengan melakukan pengendalian kimiawi menggunakan obat pembasmi hama atau melakukan pengendalian hayati dengan melibatkan musuh alami untuk melumpuhkan hama. Pada kasus ini, upaya untuk mengendalikan hama dirumuskan ke dalam model matematika, yakni suatu masalah kontrol optimum hama. Tujuan utama permasalahan ini adalah menentukan upaya pengendalian untuk mempertahankan kepadatan populasi hama pada level kesetimbangan di bawah tingkat kerugian ekonomi. Terdapat dua tahap untuk mengendalikan hama yaitu dengan menggabungkan pengendalian kimiawi dan hayati pada tahap pertama untuk mempercepat pengurangan jumlah hama, dan pada tahap kedua hanya dilakukan pengendalian hayati untuk mempertahankan level yang diinginkan. Untuk mengetahui upaya pengendalian tersebut maka ditinjau suatu model hama-predator yang melibatkan Anticarsia gemmatalis sebagai hama pada tanaman kacang kedelai dan Geocoris sp sebagai predator. Upaya pengendalian yang diperoleh menunjukkan bahwa level yang diinginkan untuk jumlah populasi hama sebesar 20 ulat/m2 dapat dicapai dan kemudian akan dipertahankan.

Random Quotes

Kemakmuran adalah guru besar, nasib malang adalah guru yang lebih besar lagi. Kekayaan memanjakan jiwa, kekurangan melatih dan memperkuatnya.

anonim