Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

Karya Ilmiah Alumni
Previous month Previous day Next day Next month
See by year See by month See by week See Today Search Jump to month
Seminar Tugas Akhir Agung Hargiantoro
Kamis, Maret 05 2015, 09:00 - 10:00 by  Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya Hits : 2804

Seminar Tugas Akhir

Agung Hargiantoro
g54090039

Dosen Pembimbing

Dr. Ir. Amril Aman, M.Sc.
Ir. Ngakan Komang Kutha Ardana, M.Sc.

Dosen Penguji Dra. Farida Hanum, M.Si.
   
Pembahas

Achmad Dicky F
Haryono Hermana
Sudarsono

Pemodelan 8-Puzzle Menggunakan Integer Linear Programming

8-puzzle adalah puzzle versi ukuran yang lebih kecil dari 15-puzzle, yaitu salah satu jenis permainan teka-teki yang ditemukan oleh Noyes Palmer Chapman yang merupakan seorang kepala kantor pos di Canastota, New York pada awal 1874. Permainan ini bertujuan untuk menyusun blok-blok yang memiliki angka 1 sampai 8 dalam suatu bidang persegi yang memiliki ruang untuk 9 blok dengan satu ruang kosong yang tersedia. Permainan dilakukan dengan menggeser salah satu blok ke ruang kosong yang tersedia sehingga mengubah urutan angka-angka yang terdapat pada blok sampai pada akhirnya urutannya sesuai dengan yang diharapkan (angka-angkanya berurutan dari 1 sampai 8 dengan ruang kosong di pojok kanan bawah). Pada tahun 1870-an Sam Loyd menimbulkan kegemparan di Amerika Serikat, Inggris dan Eropa dengan menawarkan hadiah $ 1000 untuk siapa saja yang dapat menyelesaikan puzzle miliknya, yaitu 15-puzzle dengan angka berurutan 1 sampai 13 tetapi angka 14 dan 15 ditukar. Banyak yang telah meneliti puzzle tersebut, salah satunya Johnson & Story (1879) yang membuktikan bahwa tidak ada solusi untuk puzzle Sam Loyd tersebut (Archer 1999). Hal ini mendorong banyak orang untuk meneliti berbagai hal mengenai 15-puzzle dengan berbagai metode. Salah satu hal menarik adalah bahwa adanya kondisi awal tertentu pada puzzle ini yang tidak memiliki solusi dan salah satunya dijelaskan oleh Aaron F. Archer dalam A Modern Treatment of 15-Puzzle dan tentunya pada 8-puzzle juga terdapat suatu susunan awal yang tidak dapat mencapai susunan solusi. Dalam makalah ini akan digunakan integer linear programming untuk diterapkan pada permainan 8-puzzle sehingga dapat ditentukan langkah-langkah yang akan diambil sehingga puzzle ini dapat diselesaikan.

Back

JEvents v1.4.2   Copyright © 2006-2007

Random Quotes

Kemakmuran adalah guru besar, nasib malang adalah guru yang lebih besar lagi. Kekayaan memanjakan jiwa, kekurangan melatih dan memperkuatnya.

anonim