Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

Karya Ilmiah Alumni
Previous month Previous day Next day Next month
See by year See by month See by week See Today Search Jump to month
Seminar Tugas Akhir Yoanita Historiani
Kamis, September 02 2004, 10:00 - 11:00 by  Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya Hits : 3509

Seminar Tugas Akhir

Yoanita Historiani
G05400013

Dosen Pembimbing

Dr.Ir. Dominicus Savio Priyarsono MS
Donny Citra Lesmana, S.Si., M.Sc.

Dosen Penguji Dra. Farida Hanum, M.Si.
   
Pembahas



Analisis Model Permainan Lokasi Hotelling Tanpa Kerjasama

Setiap penjual diasumsikan bertujuan untuk memaksimumkan laba. Besarnya laba yang diperoleh oleh seorang penjual bergantung pada banyak hal, diantaranya pada harga dan strategi yang dipilihnya. Pemilihan lokasi merupakan salah satu strategi yang dapat dipilih oleh penjual untuk memaksimumkan laba. Masalah pemilihan lokasi kesetimbangan dari 2 penjual yang menjual barang homogen merupakan subgame dua tahap, dengan masing-masing penjual memilih lokasi pada tahap pertama dan harga pada tahap kedua. Model ini dibangun berdasarkan asumsi bahwa biaya produsi nol, wilayah pasar berupa ruas garis lurus, dan konsumen tersebar disepanjang pasar. Pada saat biaya transportasi merupakan fungsi linear terhadap jarak, maka tidak terdapat kesetimbangan lokasi ketika kedua penjual berlokasi sangat dekat (tetapi tidak terletak pada titik yang sama). Pada saat biaya transportasi merupakan fungsi kuadratik terhadapa jarak, kesetimbangan harga dijamin selalu ada (untuk setiap kombinasi lokasi yang dipilih oleh kedua penjual), dan kesetimbangan lokasi ketika semua penjual menerapkan strategi murni akan terjadi pada titik-titik di ujung selang. Ketika salah satu penjual menerapkan strategi campuran, yaitu dengan memilih berlokasi dititik-titik ujung selang dengan peluang yang sama, maka penjual yang lainnya tidak memperoleh keuntungan yang lebih besar selain memilih lokasi di tengah-tengah selang. Model lokasi ini banyak diterapkan dalam berbagai bidang ilmu, antara lain dalam pemilihan produk, terutama pada kasus produk yang terdifensiasi.

Back

JEvents v1.4.2   Copyright © 2006-2007

Random Quotes

Mencoba sekali lagi lebih baik daripada mencari-cari alasan.

anonim