Sidang Tugas Akhir Aam Kurniawan |
|
Jumat, Mei 02 2008, 08:00 - 09:00 |
by
Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya
|
Hits : 3452 |
|
Sidang Tugas Akhir
Aam Kurniawan G54103002
Masalah Penjadwalan Siaran Iklan Mobile Perusahaan Zagme
Peningkatan penggunaan telepon genggam dengan murahnya biaya SMS (Short Message
Service) membuka kesempatan baru bagi dunia periklanan. Zagme adalah salah satu perusahaan
periklanan yang menggunakan location-sensitive wireless marketing dengan cara SMS. Dalam
kasus ini, konsumen menerima SMS iklan pada waktu dan tempat tertentu.
Pada awalnya, Perusahaan Zagme menjadwalkan siaran iklan mobile secara manual. Metode
ini dianggap tidak efisien dan pada beberapa kasus menghasilkan penjadwalan yang tidak akurat.
Masalah penjadwalan ini dapat dipandang sebagai broadcast scheduling for mobile advertising,
dan masalah ini dapat diformulasikan sebagai masalah integer linear programming (ILP). Fungsi
objektifnya adalah memaksimumkan nilai prioritas siaran iklan. Kendalanya meliputi semua
kebutuhan kebijakan yang diatur oleh manajemen. Dalam karya ilmiah ini, permasalahan
menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Zeger Degraeve, dan permasalahan tersebut
diselesaikan menggunakan metode Branch and Bound dengan software Lingo 8.0. |