Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : RUMUS PARAMETER BAGI PERSAMAAN SUPER PHYTAGORAS
Jenis : Skripsi
Penulis : F.X.Ivan
NRP : G05495044
Tanggal Lulus : 01 January 1970
Tanggal Seminar :
Tanggal Sidang :
Pembimbing : Dr. Ir. I Gusti Putu Purnaba, DEA.
Dra. Nur Aliatiningtyas, MS.

Ringkasan : Tripel bilangan bulat positif yang memenuhi persamaan Pythagoras disebut tripel Phythagoras.Misalkan u dan v adalah parameter dari bilangan asli,maka kita dapat menunjukkan bahwa (x,y,r)dengan rumus parameter x=u2-v2,y=2uv,dan r=u2+v2 adalah tripel Pythagoras. Penambahan suku atau pangkat dalam persamaan Pythagoras menghasilkan persamaan yang kita sebut persamaan Super Pythagoras sebagai berikut: k∑i=1xni=rn dengan n≥2 dan k≥n Jadi persamaan Pythagoras adalah salah satu bentuk persamaan Super Pythagoras .Masalah yang dibahas dalam tulisan ini adalah mencari rumus parameter yang ideal,yang memenuhi persamaan Super Pythagoras(PSP).Rumus parameter bagi PSP yang berpangkat n dikatakan ideal jika sebanyak mungkin memenuhi sifat bahwa rumus parameternya berlaku bagi PSP dengan jumlah suku sesedikit mungkin dan dapat diekspansi,serta sesedikit mungkin fungsi-fungsi parameter yang sama dalam rumusnya. Pencarian rumus parameter yang ideal bagi persamaan Super Pythagoras merupakan masalah baru dalam teori bilangan.Menurut Cong Philip,yang mengkhususkan diri mempelajari teori bilangan,masalah ini diperkenalkan oleh Ke Cao pada tahun 1967 dalam salah satu suratnya.Ke Cao menyatakan bahwa persamaan Super Pythagoras penting dalam teknologi di abad mendatang. Rumus-rumus parameter yang berhasil diturunkan adalah rumus yang mengandung satu parameter dan dua parameter,yang berlaku bagi persamaan Super Pythagoras dengan tingkat n=2,3,4,5 dan 6. Beberapa hasil pengamatan dari rumus-rumus parameter tersebut adalah sebagai berikut: ☼Rumus satu parameter umumnya lebih ideal daripada rumus dua parameter;semua rumus satu parameter dapat diekspansi. ☼Umumnya,rumus parameter yang diperoleh semakin kurang ideal apabila tingkat PSP semakin tinggi. ☼Setiap PSP dengan pangkat tertentu mempunyai rumus dua parameter yang berkarakter menyolok(ada nilai Xi yang sekawan dengan nilai r). ☼Ada nilai Xi dalam PSP,yang diberikan oleh rumus parameter yang ideal,yang merupakan kelipatan dari pangkat PSP-nya.

Random Quotes

Tak seorang pun sempurna. Mereka yang mau belajar dari kesalahan adalah bijak. Menyedihkan melihat orang berkeras bahwa mereka benar meskipun terbukti salah.

anonim