Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : Persaingan Harga dan Lokasi : Perluasan Model Hotelling
Jenis : Skripsi
Penulis : Adi Priyono
NRP : G05497015
Tanggal Lulus : 01 January 1970
Tanggal Seminar :
Tanggal Sidang :
Pembimbing : Dr.Ir. Dominicus Savio Priyarsono MS
Dra. Farida Hanum, M.Si.

Ringkasan : Setiap produsen biananya diasumsikan memaksimumkan imbalan (laba) yang diperolehnya dan karena itulah produsen harus mampu menentukan strategi yang efektif untuk melawan pesaingnya. Karya ilmiah ini memberikan analisis persaingan spasial duopoli dengan variabel strategi berupa harga, lokasi, serta harga, dan lokasi. Pasar berbentuk garis lurus (linear) dan konsumen menyebar dan merata di sepanjang pasar. Biaya transportasi dibebankan kepada konsumen. Karena produk yang ditawarkan bersifat homogen maka konsumen akan membeli produk dengan harga pembelian yang terendah. Pada persaingan harga, kesetimbangan diperoleh bila digunakan fungsi biaya transportasi yang kuadratik. Jika digunakan fungsi biaya transportasi yang linear-kuadrantik, ada kondisi yang menyebabkan tidak adanya kesetimbangan harga. Sedangkan bila digunakan fungsi biaya transportasi yang linear, kesetimbangan harga dicapai jika lokasi kedua perusahaan memenuhi syarat tertentu. Pada persaingan dengan variabel lokasi, kesetimbangan lokasi dicapai ketika kedua produsen memilih lokasi ditengah-tengah (pusat) pasar. Persaingan dengan variabel strategi berupa harga dan lokasi dapat dimodelkan menjadi dua bentuk permainan, yakni : permainan serentak dan permainan dua tahap. Pada permainan serentak, tidak ada kesetimbangan harga-lokasi, apapun fungsi biaya transportasinya. Kesetimbangan hraga-lokasi dicapai jika penentuan harga dan loaksi dilakukan dalam dua tahap. Hasil analisis ini juga menunjukan adanya kecenderungan tiap produsen tiap produsen untuk memaksimumkan diferensiasi.

Random Quotes

Budi orang baik ditandai dengan 3 ciri : 1. Menyambung persahabatan. 2. Memaafkan orang yang berbuat jahat. 3. Menolong orang yang tidak suka memberi pertolongan.

anonim