Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : Analisis Faktor dan Model Persamaan Struktural untuk Pengujian Model Bipolaritas dan Dualitas
Jenis : Skripsi
Penulis : Dewi Ranti
NRP : G05497030
Tanggal Lulus : 01 January 1970
Tanggal Seminar :
Tanggal Sidang :
Pembimbing : Dr. Ir. Budi Suharjo, MS.
Dr. Ir. Hadi Sumarno, MS.

Ringkasan : Perilaku sosial merupakan fenomena yang menarik untuk diamati. Fred kerlinger, seorang peneliti yang tertarik dengan masalah-masalah sosial, mengamati perilaku Sistem Liberalis dan Sistem Konservatif pada 530 guru di Texas dan Nort Carolina [Kerlinger, 1986]. Kerlinger menemukan suatu fenomena dimasyarakat cendrung menganggap bahwa kedua sistem tersebut adalah dua hal yang bertolak belakang. Pendapat inilah yang kemudian dikenal sebagai Model Bipolar. Selain itu ada pendapat lain yang mengatakan bahwa kedua sistem merupakan dua hal yang berdiri sendiri-sendiri dan saling terpisah. Pendapat ini kemudian dikenal sebagai Model Dualitas. Permasalahanya adalah menentukan mana diantara kedua model tersebut yang lebih tepat dalam menjelaskan fenomena yang ada. hal inilah yang membuat Kerlinger melakukan perbandingan terhadap kedua model dengan cara melakukan pengujian terhadap kedua sistem dengan menggunakan data berupa kolerasi variabel-variabel observasi yang mewakili kadua sistem tersebut. Proses pengujian dilakukan dengan menggunakan dua metode analisis, yaitu : Analisis Faktor dan Model Persamaan Struktural. Hasil dengan Analisis faktor menunjukan bahwa Model Dualitas lebih tepat dalam menjelaskan fenomena yang ada. Hal ini juga didukung oleh Model Persamaan Struktural.

Random Quotes

Orang mulia merasa santai dan berwibawa tanpa menjadi sombong, orang picik sombong dan tak pernah merasa santai, mereka tidak berwibawa.

anonim