Judul | : | Rute Dinamis Untuk Prioritas Pengiriman dalam Jaringan Pelayanan LTT (Less Than Trucload) |
Jenis | : | Skripsi |
Penulis | : | Sarah Ratna Herni |
NRP | : | G05498004 |
Tanggal Lulus | : | 01 January 1970 |
Tanggal Seminar | : | |
Tanggal Sidang | : | |
Pembimbing | : |
Dr. Ir. Amril Aman, M.Sc. Ir. Ngakan Komang Kutha Ardana, M.Sc. |
Ringkasan | : | Ketepatan waktu dan kecepatan pengiriman barang lebih mudah diprediksi jika terlebih dahulu dibuat suatu model rute pengiriman barang yang disebut rencana muatan (Load Plan). Selama ini rute yang digunakan adalah model rute yang tidak dapat diubah dari rencana muatan semula walaupun terjadi perubahan,misalnya munculnya prioritas pengiriman. Berdasarkan hal tersebut maka dalam tulisan ini akan dipelajari suatu model rute pengiriman barang menggunakan rute dinamis untuk mencari strategi prioritas pengiriman dalam jaringan pelayaran LTL(Less Than Truckload,yaitu kendaraan yang kapasitas muatannya lebih kecil dari muatan truk).Rute dinamis diartikan sebagai rute yang mungkin beradaptasi dengan adanya informasi baru.Strategi ini menggunakan metode DSSP(Dynamic Stochastic Shortest Path).Pada metode DSSP ini dicari Vi(biaya harapan DSSP dari simpul i ke simpul n).Inti dari strategi ini adalah menentukan Vi jika Vj(biaya harapan DSSP dari simpul j ke simpul n)diketahui bagi.Vi yang merupakan predosesor bagi Vj. Hubungan Vi dengan Vj dirumuskan sebagai berikut: Vi=Eci[Vi(Ci)]=Eci[min{Cij+Vj}] i≠n dimana: Cij=Biaya acak sisi(i,j). Ci=Himpunan dari Cij. Dari data numerik ditunjukkan bahwa strategi dinamis berjalan efektif untuk prioritas pengiriman yang mempunyai waktu pemuatan paling lama.Strategi ini juga berjalan efektif untuk prioritas pengiriman yang mempunyai peluang terbesar mengalami keterlambatan.Tetapi strategi dinamis ini tidak berjalan lebih efektif untuk prioritas pengiriman yang mempunyai total waktu perjalanan paling lama. |
Apabila semua benda kelihatan semakin hilang, ingatlah bahawa masa depan masih ada.