Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : Analisis Kestabilan Model Mangsa-Pemangsa dengan Kanibalisme
Jenis : Skripsi
Penulis : Rizky Nurlianty
NRP : G05499027
Tanggal Lulus : 01 January 1970
Tanggal Seminar : 09 September 2003 13:00
Tanggal Sidang : 10 September 2003 14:00
Pembimbing : Drs. Ali Kusnanto, M.Si.
Ir. Ngakan Komang Kutha Ardana, M.Sc.

Ringkasan : Model mangsa-pemangsa dalam tulisan ini terdiri atas satu spesies mangsa dan satu spesies pemangsa. Spesies pemangsa selain memakan mangsa sebagai mangsa utamanya, juga memakan individu lain spesiesnya sendiri. Kanibalisme terjadi dalam interaksi antar individu pemangsa. Model kanibalisme ini deberlakukan pada populasi dengan struktur usia, diman pemangsa dewasa memakan pemangsa muda atau anaknya.[Levine,1981]. Kondisi kestabilan system dari model tersebut diperoleh dengan mengatur nilai-nilai parameter yang mempengaruhi system. Dengan mengambil tiga kasus yang menggambarkan kondisi yang berbeda beda dan dengan menggunakan teori kestabilan, terlihat adanya perubaahan kestabilan akibat pemilihan parameter. Pada kasus 1 (ketika tidak ada kanibalisme) ,menghasilkan 3 titk tetap, yaitu T1 dan T2 takstabil (titik sadel) dan T3. Titik tetap T3 takstabil jika (rumus). Pada titik tetap T3 ini, terjadi bifurkasi yaitu pada saat (rumus). Pada kasus 2 (ketika tidak ada hambatan pertumbuhan logistic pemangsa ) menghasilkan dua titik tetap , yaitu titik tetap T1 takstabil (titik sadel) dan titik tetap T2. Titik tetap T2 stabil jika (rumus). Pada titik tetap T2 ini, terjadi bifurkasi yaitu pada saat (rumus). Sedangkan pada model secara umum menghasilkan 3 titik tetap,yaitu titk tetap T1 dan T2 takstabil (titik sadel) dan T3.

Random Quotes

Pertahanan terbaik terhadap fitnah adalah kebenaran. Orang yang terbuka tak pernah takut mengatakan semuanya pada dunia.

anonim