Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

Beranda arrow Akademik arrow S-1 Matematika arrow Karya Ilmiah Alumni
 
Data Skripsi
 
Judul : PEMROGRAMAN DINAMIK DETERMINISTIK
Jenis : Skripsi
Penulis : Ina Rubia Setiawati
NRP : G260766
Tanggal Lulus : 01 January 1970
Tanggal Seminar :
Tanggal Sidang :
Pembimbing : Dr. Dra. Berlian Setiawaty, MS.
Dr. Ir. Bib Paruhum Silalahi, M.Kom.

Ringkasan : Penelitian ini bertujuan mempelajari pemakaian teori fuzzy dalam menyelesaikan masalah programa linear fuzzy. Programa linear adalah salah satu metode penyelesaian masalah dalam ruang lingkup riset operasi. Pada dasarnya penggunaan programa linear bertujuan untuk menentukan pilihan yang optimal dari masalah pengambilan keputusan dalam batasan beberapa kendala tertentu. Semua masalah dalam dunia nyata erat hubungannya dengan masalah manusia, yang mengandung ketidakpastian. Dari kebutuhan untuk menggambarkan keadaan dunia nyata yang tidak pasti inilah muncul istilah fuzzy, yang pertama kali dikemukakan oleh Zadeh (1962). Teori ini memperkenalkan himpunan yang mengani ketidakpastian dalam masalah dunia nyata. Teori ini memperkenalkan himpunan yang keanggotaannya dinyatakan dengan derajat keanggotaan tertentu dalam selang tertentu anatara nol dan satu (0,1). Programa linear fuzzy adalah programa linear yang dinyatakan dengan fungsi objektif dan fungsi kendala yang memiliki parameter fuzzy dan ketidaksamaan fuzzy. Tujuan dari programa linear fuzyy adalah mencari solusi yang dapat diterima berdasarkan kriteria yang dinyatakan dalam fungsi objektif dan kendala. Solusi tersebut berbentuk himpunan fuzzy yang memiliki derajat kebenaran tertentu pada selang (0,1). Programa linear fuzzy adalah model yang sesuai jika yang diinginkan adalah solusi dalam bentuk interval. Derajat kebenaran yang diinginkan langsung dimasukkan kedalam formulasi. Jika ternyata solusi yang dihasilkan tidak valid berdasarkan solusi biasa, maka perubahan yang dilakukan cukup terhadap derajat kebenaran parameter fuzzy.

Random Quotes

Sahabat terbaik adalah dia yang dapat duduk berayun-ayun di beranda bersamamu, tanpa mengucapkan sepatah katapun, dan kemudian kamu meninggalkannya dengan perasaan telah bercakap-cakap lama dengannya.

anonim