Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

Beranda arrow Akademik arrow S-1 Matematika arrow Karya Ilmiah Alumni
 
Data Skripsi
 
Judul : PERAN AKARCIRI DONINAN MATRIKS LESLIE PADA SEBARAN UMUR STABIL
Jenis : Skripsi
Penulis : Nuril Jatminingtias
NRP : G280393
Tanggal Lulus : 11 June 1996
Tanggal Seminar :
Tanggal Sidang :
Pembimbing : Prof. Dr. Ir. Siswadi, M.Sc.
Ir. Retno Budiarti, MS.

Ringkasan : Model matriks Leslie merupakan model matriks populasi yang mengklasifikasikan individu-individu populais ke dalam kelas-kelas umur yang berbeda. Dengan menggunakan matriks Leslie dimungkinkan untuk meramalkan struktur umur dan banyaknya individu dalam setiap kelas umur pada waktu yang akan datang, dengan syarat sebaran umur awal diketahui. Jika diketahui suatu matriks Leslie yang konstan, vektor sebaran umur awal dapat mengarah kevektor sebaran umur stabil. Suatau populasi dikatakan telah mencapai sebaran umur stabil, jika proporsi jumlah individu dalam setiap kelas umur konstan. Setelah sebaran umur stabil dicapai, maka setiap kelas umur mengalami pertambahan atau pengurangan jumlah individu dalam populasi. Dalam tulisan ini dilakukan penelusuran terhadap peran akarciri dominan matriks Leslie sebagai kecepatan pertambahan atau pengurangan jumlah anggota dalam setiap kelas umur, setelah sebaran umur stabil tercapai. Dari persamaan ciri matriks Leslie, dapat diperoleh keterangan bahwa akarciri positif matriks Leslie (lambda1) hanya satu vektor ciri (x_1) yang berpadanan dengan (lambda1) memiliki unsur-unsur yang positif. Jika terdapat dua kelas umur reproduktif yang berurutan, maka akarciri dominan matriks Leslie adalah akarciri positifnya. Melalui pendiagonalan matriks Leslie dapat diperlihatkan bahwa untuk peiode waktu yang lama, setiap vektor sebaran umur merupakan penggandaan skalar (lambda1) dari vektor sebaran umur sebelumnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk periode waktu yang lama, jumlah individu dalam setiap kelas umur bertambah atau berkurang dengan kecepatan konstan, sebesar (lambda1). Model matriks Leslie dapat diterapkan sebagai model pemanenan ternak yang lestari. Dalam pemanenan ternak lestari mensyaratkan, hasil panen yang sama setiap panen dan populasi sisa setiap selesai panen mempunyai sebaran umur yang sama dengan sebaran umur populasi diawal periode pertumbuhan.

Random Quotes

Punya rasa humor, akan sangat gampang menjalin pergaulan dengan orang lain. Bahkan lebih dari itu, bakal mudah membawa diri.

anonim