Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : PENERAPAN DISCRETE-TIME KALMAN FILTER DAN FIXED INTERVAL SMOOTHING PADA SISTEM DINAMIK PESAWAT TERBANG
Jenis : Skripsi
Penulis : Aa Istri Ngurah Eko K
NRP : G290555
Tanggal Lulus : 01 January 1970
Tanggal Seminar :
Tanggal Sidang :
Pembimbing : Dr. Ir. Fahren Bukhari, M.Sc.
Dr. Jaharuddin, MS.

Ringkasan : Sistem dinamik pesawat terbang merupakan sistem yang sangat kompleks dan banyak dipengaruhi oleh gangguan-gangguan sistem, antara lain arah angin yang berubah-ubah, faktor cuaca dan ketelitian alat pengukuran. Gangguan-gangguan ini menyebabkan ketidak akuratan informasi state dari sistem. State suatu sistem adalah kumpulan peubah-peubah yang mendeskripsikan sistem. Untuk memperoleh informasi yang mendekati nilai state sebenarnya, perlu dilakukan estimasi dengan meminimumkan pengaruh gangguan-gangguan tersebut. Keakuratan informasi state pada sistem dinamik pesawat terbang sangat diperlukan. Kegunaan yang paling penting dari informasi state sistem dinamik pesawat terbang adalah untuk analisa kelayakan (sertifikasi) pesawat terbang. Sehingga jika data-data informasi tentang state dari sistem tidak akurat, bisa berakibat fatal. Seperti, analisa kelayakan pesawat terbang yang tidak akurat menyebabkan pesawat yang belum layak terbang sudah dikategorikan sudah layak terbang. Metode estimasi yang digunakan adalah filtering dan smoothing. Filtering adalah memperoleh informasi state yang mendekati nilai sebenarnya berdasarkan informasi data pengukuraran yang dipengaruhi gangguan. Sedangkan smoothing adalah memperoleh informasi tentang sate berdasarkan informasi data pengukuran yang dipengaruhi gangguan dengan mengijinkan adanya waktu tunda dan memanfaatkan informasi selama waktu tunda untuk mempengaruhi hasil estimasi. Filtering yang digunakan adalah discrete-time kalman filter yaitu filtering pada sistem dinamik linear dan diskrit dengan asumsi gangguan-gangguan yang ada adalah while noise (stsioner, mempunyai nilai tengah nol dan tidak ada kolerasi dari satu waktu ke waktu berikutnya). Tipe smoothing yang digunakan adalah fixed interval smoothing yaitu smoothing dengan menggunakan data pengukuran pada interval waktu yang sudah tetap. Smoothing stste pada parameter sistem dinamik pesawat terbang menghasilkan ragam galat estimasi yang lebih kecil dibandingakn hasil filtering. Hal ini menunjukan smoothing menghasilkan estimasi yang lebih baik dari filtering. Estimasi dengan smoothing pada parameter model memperlihatkan hasil yang konstan, sesuai dengan asumsi kekonstanan, sesuai dengan asumsi kekonstanan parameter model.

Random Quotes

Jangan menjual kulit beruang sebelum beruang-nya ditembak.

anonim