Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : EKSISTENSI DAN DEKOMPOSISI MATRIKS PENGGANDAAN DARI SISTEM NERACA SOSIAL EKONOMI
Jenis : Skripsi
Penulis : Djoni Hartono
NRP : G300869
Tanggal Lulus : 01 January 1970
Tanggal Seminar :
Tanggal Sidang :
Pembimbing : Dr.Ir. Dominicus Savio Priyarsono MS


Ringkasan : Sistem Neraca Sosial Ekonomi (SNSE) merupakan alat analisis untuk mengamati aktivitas perekonomian di suatu wilayah yang mampu menunjukan dengan baik dampak suatu kebijakan terhadap berbagai agen, terutama antara sektor produksi, intuisi (termasuk rumah tangga), dan faktor produksi, yang terlibat dalam suatu perekonomian. Dari suatu SNSE dapat diturunkan suatu matriks pengganda Ma. Matriks pengganda merupakan bagian yang penting, karena dengan matriks tersebut dapat dilihat dampak yang terjadi akibat perubahan suatu sektor lainnya. Hal yang juga penting adalah dekomposisi dari matriks pengganda tersebut. Dekomposisi ini dilakukan dengan maksud agar proses penggganda dalam kerangka SNSE terlihat dengan jelas. Dengan kata lain, dekomposisi dimaksudkan untuk mengungkapkan secara terperinci "jalannya" dampak sebuah injeksi terhadap kegiatan perekonomian. Dari dekomposisi matriks pengganda dapat diperoleh pengganda transfer, pengganda open loop, dan pengganda closed loop. Tulisan ini bermaksud memberikan landasan matematis untuk memperlihatkan eksistensi matriks pengganda dan menjelaskan dekomposisi matriks pengganda tersebut. Beberapa konsep dasar matematika digunakan untuk memperlihatkan eksistensi dan dekomposisi matriks pengganda, di antaranya adalah teorema mengenai matriks diagonal dominan. Dengan mempelajari sifat-sifat yan terdapat dalam matriks A (suatu matriks di mana elemen-elemenya menunujukan besarnya kecenderungan pengeluaran rata-rata), maka matriks pengganda yang di tuliskan dalam bentuk (I-A)-1 selalu dijamin eksistensinya. Untuk itu cukup diperlihatkan bahwa matriks pengganda tersebut adalah matriks diagonal dominan (teorema5). Selanjutnya dengan konse aljabar sederhana, matrika pengganda dapat didekomposisi menjadi bentuk Ma=M3M2M2. Dekomposisi matriks pengganda selau dapat dilakukan apabila kondisi dan syarat-syarat yang diperlukan dalam melakukan proses dekomposisi terpenuhi (teorema6).

Random Quotes

Jangan tertarik kepada seseorang karena parasnya, sebab keelokan paras dapat menyesatkan. Jangan pula tertarik kepada kekayaannya karena kekayaan dapat musnah. Tertariklah kepada seseorang yang dapat membuatmu tersenyum, karena hanya senyum yang dapat membuat hari-hari yang gelap menjadi cerah. Semoga kamu menemukan orang seperti itu.

anonim