Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

Beranda arrow Akademik arrow S-1 Matematika arrow Karya Ilmiah Alumni
 
Data Skripsi
 
Judul : OPTIMALISASI EKSEKUSI SAHAM DENGAN PENINGKATAN RISIKO PERDAGANGAN
Jenis : Skripsi
Penulis : Siti Mariam
NRP : G54052647
Tanggal Lulus : 10 September 2009
Tanggal Seminar : 31 August 2009 13:06
Tanggal Sidang :
Pembimbing : Dr. Ir. Retno Budiarti, MS.
Dr. Donny Citra Lesmana, S.Si., M.Fin.Math.

Ringkasan : Menurut Robert F. Almgren dalam transaksi saham di dunia pasar modal terdapat dua hal yang dipertimbangkan yaitu biaya transaksi dan risiko transaksi. Adapun biaya transaksi saham dipengaruhi oleh dua hal yaitu dampak temporer atau biaya akibat rata-rata perdagangan lebih lanjut disebut biaya likuiditas dan dampak permanen yaitu biaya akibat informasi perdagangan yang diperoleh, sedangkan risiko dari transaksi saham terdiri atas risiko volatilitas yaitu yang berhubungan dengan keacakan harga saham dan risiko ketidakpastian biaya likuiditas. Dalam karya ilmiah ini penulis membahas tentang peningkatan risiko perdagangan yaitu adanya risiko ketidakpastian biaya pada perdagangan dengan menganalisis dua kemungkinan yaitu peningkatan risiko yang konstan terjadi ketika risiko ketidakpastian biaya tidak bergantung pada rata-rata perdagangan dan peningkatan risiko linear yaitu ketika risiko ketidakpastian biaya bergantung pada rata-rata perdagangan. Adapun fungsi biaya temporer yang terjadi adalah linear artinya dengan perubahan rata-rata perdagangan akan mempengaruhi perubahan biaya likuiditas yang sama besarnya. Seorang investor pasti memiliki motivasi yang sama dalam transaksi saham yaitu ingin mendapatkan imbalan yang besar tetapi hukum investasi yang tidak bisa dipungkiri adalah semakin besar imbalan yang diharapkan (expected value) maka semakin besar pula risiko yang harus diambil, oleh karena itu pengelolaan risiko sangat penting supaya tidak terjadi pemusnahan terhadap apa yang diinvestasikan, tetapi pada kenyataannya risiko tidak bisa dimusnahkan 100% tetapi hanya bisa diminimumkan atau dibuat sekecil mungkin sampai batas tertentu sehingga perlu adanya strategi dalam perdagangan dengan mengetahui kapan saham harus dieksekusi dan berapa saham optimal yang akan diperdagangkan sesuai dengan beberapa parameter yang dipertimbangkan. Suatu permasalahan optimalisasi dapat diselesaikan dengan menggunakan metode kalkulus variasi sehingga diperoleh solusi banyaknya saham pada waktu ke-t yang akan dijual dan waktu eksekusi optmal serta banyaknya saham awal yang akan diperdagangkan.

Random Quotes

Seseorang tidak perlu cemas bila orang lain tidak mengakui jasa-nya, ia baru boleh cemas apabila dirinya tidak mengakui jasa orang lain.

anonim