Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

Beranda arrow Akademik arrow S-1 Matematika arrow Karya Ilmiah Alumni
 
Data Skripsi
 
Judul : Model Pengangkutan Susu dari Pemasok ke Pabrik-Pabrik dengan Metode Heuristic
Jenis : Skripsi
Penulis : Prima Rudiansah
NRP : G54103016
Tanggal Lulus : 04 February 2008
Tanggal Seminar : 29 January 2008 09:00
Tanggal Sidang : 30 January 2008 14:30
Pembimbing : Drs. Prapto Tri Supriyo, M.Kom.
Drs. Siswandi, M.Si.

Ringkasan : Setiap perusahaan memiliki tujuan memperoleh keuntungan yang maksimum. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan, diantaranya dengan meminimumkan biaya produksinya. Dalam perusahaan susu, salah satu biaya produksinya adalah biaya pengangkutan bahan baku susu dari pemasok ke pabrik. Masalah pengangkutan susu dari pemasok ke pabrik identik dengan masalah utama pada model transportasi yang bertujuan untuk mencari suatu cara agar pengiriman barang dari sumber ke tujuan memerlukan biaya yang minimum. Tetapi dalam masalah ini terdapat asumsi bahwa setiap pemasok hanya diperbolehkan mengirim sus ke satu pabrik. Sehingga masalah pengangkutan susu ini termasuk model Knapsack Problem. Tulisan ini memberikan metode heuristic untuk menyelesaikan masalah pengangkutan susu. Selanjutnya diberikan satu contoh kasus yang diselesaikan menggunakan dua cara yang berbeda, yaitu metode heuristic yang diusulkan dan software Lingo 8.0 sebagai pembanding.

Random Quotes

Ketika mencari orang, selalulah perhatikan bakat. Ini cara yang membuat negara kuat dan warganya makmur. Sebab hanya orang bodoh yang melakukan sebaliknya.

anonim