Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : Penyelesaian Masalah Penjadwalan Pertandingan Sepak Bola Dengan Sistem Round-Robin
Jenis : Skripsi
Penulis : Abdillah
NRP : G54103026
Tanggal Lulus : 13 March 2008
Tanggal Seminar : 06 February 2008 14:00
Tanggal Sidang : 08 February 2008 10:00
Pembimbing : Dra. Farida Hanum, M.Si.
Prof. Dr. Toni Bakhtiar, M.Sc.

Ringkasan : Masalah penjadwalan pertandingan sepak bola dapat diselaikan dengan beberapa cara. Salah satu caranya adalah dengan memodelkan masalah penjadwalan pertandingan sebagai suatu masalah Integer Linear Programming (ILP). ILP adalah masalah optimisasi dengan fungsi objektif dan kendala yang linear serta variabel integer (bilangan bulat). Solusi optimum dari masalah ILP diperoleh dengan bantuan software Lingo 8.0 yang prinsip pemecahannya berdasarkan metode branch and bound. Pada tulisan ini dipelajari pemodelan masalah penjadwalan pertandingan sepak bola dengan sistem round-robin. Sistem ini menharuskan setiap tim bertanding dengan semua tim peserta lain satu kali untuk setengah kompetisi. Masalah tersebut kemudian diterapkan dalam penjadwalan pertandingan sepak bola babak kualifikasi Piala Eropa 2008 Grup B. Ada tiga langkah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, langkah pertama yaitu penentuan pola pertandingan yang terdiri atas home, away, dan bye. Selanjutnya pada langkah kedua ditentukan tabel pertandingan, sedangkan langkah ketiga merupakan perpaduan dari langkah pertama dan langkah kedua yang menghasilkan jadwal pertandingan.

Random Quotes

Kata-kata yang diucapkan sembarangan dapat menyulut perselisihan. Kata-kata yang kejam dapat menghancurkan suatu kehidupan. Kata-kata yang diucapkan pada tempatnya dapat meredakan ketegangan. Kata-kata yang penuh cinta dapat menyembuhkan dan membawa berkat.

anonim