Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

Beranda arrow Akademik arrow S-1 Matematika arrow Karya Ilmiah Alumni
 
Data Skripsi
 
Judul : Pemodelan Gelombang Bunyi dalam Air dan Solusinya
Jenis : Skripsi
Penulis : Dwi Puspa Anggraini
NRP : G54103034
Tanggal Lulus : 31 January 2008
Tanggal Seminar : 27 September 2007 11:30
Tanggal Sidang : 02 October 2007 13:00
Pembimbing : Dr. Ir. Endar H. Nugrahani, MS.
Drs. Ali Kusnanto, M.Si.

Ringkasan : Bunyi merupakan suatu gelombang yang dihasilkan oleh objek yang bergetar dan menyebar melalui sebuah medium dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Persamaan gelombang atau getaran termasuk dalam persamaan diferensial parsial orde dua bertipe hiperbolik. Dalam kasus PDP hiperbolik, proses yang terjadi akan bergantung terhadap waktu. Hal tersebut mengindikasikan bahwa hasil dari suatu proses yang bergantung terhadap waktu akan sangat ditentukan oleh keadaan proses tersebut pada saat awal. Tiga karakteristik diamsumsikan untuk membangun model gelombang bunyi di dalam air 1 dimensi, yang mana solusinya dicari dengan menggunakan metode d Alembert. Penyelesaian PDP orde dua yang akan dicari adalah hingga penyelesaian khusus yang unik serta memenuhi syarat tambahan tertentu. Solusi khusus model gelombang bunyi dalam air 2 dimensi dicari dengan menggunakan metode gabungan antara koordinat polar, metode Fourier, dan solusi Bessel. Solusi khusus yang didapatkan diilustrasikan dengan menyajikan beberapa gambar grafik 3 dimensi.

Random Quotes

Memberikan seluruh cintamu kepada seseorang bukanlah jaminan dia akan membalas cintamu. Jangan mengharapkan balasan cinta, tunggulah sampai cinta berkembang di hatinya, tetapi jika tidak, berbahagialah karena cinta tumbuh di hatimu.

anonim