Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : Tinjauan Matematis pada Model Makroskopik dan Mikroskopik Arus Lalu-lintas
Jenis : Skripsi
Penulis : Ria Susiliawati
NRP : G54104014
Tanggal Lulus : 20 April 2009
Tanggal Seminar : 21 January 2009 13:00
Tanggal Sidang : 27 January 2009 13:00
Pembimbing : Prof. Dr. Toni Bakhtiar, M.Sc.


Ringkasan : Arus Lalu-lintas merupakan salah satu fenomena yang dapat dideskripsikan melalui pemodelan matematika sebagai model dinamik kontinu dengan sebuah persamaan diferensial biasa sehingga dapat diselesaikan dengan faktor pengintegralan. Pada karya tulis ini tiga model sederhana untuk arus lalu-lintas didiskusikan, yaitu dua model makroskopik dan satu model mikroskopik. Model makroskopik memformulasikan dinamika-dinamika arus lalu-lintas yang terjadi pada sejumlah besar kendaraan pada suatu ruas jalan. Sedangkan model mikroskopik, mempelajari perilaku pengemudi dalam berinteraksi dengan kendaraan lain di depannya seperti model mobil pengikut. Dalam tulisan ini ditunjukkan bahwa sebuah persamaan diferensial biasa terdapat pada model arus lalu-lintas dan menunjukkan adanya representasi yang berbeda pada konteks pemodelan yang sama. Tulisan ini juga meninjau model arus lalu-lintas sederhana pada jalan satu arah, yang menunjukkan beberapa hasil di luar dugaan, yaitu dapat menyatakan solusi model ke dalam solusi arus keluar dan solusi waktu tempuh. Pada model mikroskopik, simulasi dilakukan untuk mengetahui gambaran perilaku pengemudi dengan sebuah koefisien sensitifitas sebagai parameter pembanding.

Random Quotes

Kemakmuran adalah guru besar, nasib malang adalah guru yang lebih besar lagi. Kekayaan memanjakan jiwa, kekurangan melatih dan memperkuatnya.

anonim