Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : Masalah Penentuan Kombinasi Terminal dan Rute Kapal
Jenis : Skripsi
Penulis : Saepudin Hidayatulloh
NRP : G54104045
Tanggal Lulus : 26 June 2009
Tanggal Seminar : 24 April 2009 09:00
Tanggal Sidang : 15 May 2009 15:00
Pembimbing :


Ringkasan : Masalah pengiriman barang hasil produksi bagi suatu perusahaan kepada para pelanggannya merupakan masalah yang sangat penting, karena hal itu berkaitan dengan kepuasan pelanggan akan pelayanan. Untuk memenuhi permintaan pelanggan akan suatu produk, suatu perusahaan diharuskan mengirim produk tersebut dengan sebaik mungkin. Di pihak lain, perusahaan tentu menginginkan keuntungan yang besar, karena itu, biaya pengiriman haruslah seminimum mungkin. Banyaknya rute pengiriman yang mungkin dari pabrik ke pelanggan serta ketersediaan terminal sebagai tempat transit tentu menjadi masalah yang sangat rumit bagi pihak manajemen. Oleh sebab itu, perusahaan harus dapat menentukan rute dan terminal yang tepat sehingga biaya pengiriman yang dikeluarkan minimum. Masalah penentuan kombinasi terminal dan rute kapal dapat pula dimodelkan sebagai masalah pemrograman bilangan bulat campuran/mixed integer programming (MIP).

Random Quotes

Orang berilmu lebih utama daripada orang yang selalu berpuasa, bersolat dan berjihad. Apabila mati orang yang berilmu, maka terdapat suatu kekosongan selain oleh penggantinya(yang berilmu juga)

Khalifah Ali bin Abi Talib