Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : Penjadwalan Produksi Roti Manis di PT Nippon Indosari Corpindo dengan Menggunakan Metode Heuristik
Jenis : Skripsi
Penulis : Fariz Saeful Romza
NRP : G54104047
Tanggal Lulus : 10 July 2009
Tanggal Seminar : 22 May 2009 10:00
Tanggal Sidang : 05 June 2009 09:00
Pembimbing : Dr. Ir. Amril Aman, M.Sc.


Ringkasan : Salah satu tujuan sebuah perusahaan adalah ingin memaksimumkan keuntungan. Salah satu cara yang dapat dicapai adalah dengan membuat jadwal produksi yang efisien dan minimum. Penjadwalan produksi yang efisien dan minimum ternyata dapat diperoleh dengan menggunakan Pemrograman Linear (IP) dan Pemrograman Nonlinear (NLP). Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah penjadwalan produksi yang efisien dan meminimumkan waktu produksi (makespan) pada bagian roti manis di PT Nippon Indosari Corpindo. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dari PT Nippon Indosari Corpindo. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah makespan di produksi roti manis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode heuristik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jadwal hasil simulasi memiliki total waktu proses yang lebih baik dibandingkan dengan jadwal yang sudah ada. Makespan maksimum yang diperoleh adalah 1248 menit. Hasil ini lebih baik 72 menit jika dibandingkan dengan jadwal yang sudah ada. Faktor yang mempengaruhinya adalah waktu setup yang lebih cepat dan proses pembagian roti ke setiap line yang lebih merata.

Random Quotes

Cinta datang kepada mereka yang masih berharap sekalipun pernah dikecewakan, kepada mereka yang masih percaya sekalipun pernah dikhianati, kepada mereka yang masih mencintai sekalipun pernah disakiti hatinya.

anonim