Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Tesis
 
Judul : PENYELESAIAN VEHICLE ROUTING PROBLEM MENGGUNAKAN BEBERAPA METODE HEURISTIK KONSTRUKTIF
Jenis :
Penulis : Deby Tieneke Salaki
NRP : G551070031
Tanggal Lulus : 08 May 2010
Tanggal Seminar :
Tanggal Sidang :
Pembimbing : Dr. Ir. Amril Aman, M.Sc.
Dra. Farida Hanum, M.Si.
Drs. Prapto Tri Supriyo, M.Kom.
Ringkasan : Pendistribusian barang atau jasa merupakan salah satu bagian penting dari kegiatan sebuah instansi pemerintah ataupun perusahaan tertentu, yang sering mengadakan pengambilan keputusan mengenai rute yang dapat mengoptimalkan biaya, waktu dan sumberdaya lain yang tersedia. Masalah ini dapat diformulasikan secara matematis sebagai sebuah Vehicle Routing Problem (VRP). VRP merupakan salah satu aplikasi dari teori graf dan optimasi kombinatorial yang mencakup penentuan sejumlah rute angkutan yang diawali dan diakhiri di suatu tempat yang disebut depot untuk mengantarkan barang kepada sekumpulan pelanggan sesuai permintaannya masing-masing. Rute yang terbentuk harus mengunjungi setiap pelanggan tepat satu kali dan menghabiskan biaya atau jarak tempuh seminimal mungkin. Salah satu variasi dari VRP adalah VRP time windows (VRPTW) yang menambahkan kendala batasan selang waktu tertentu (time windows) dalam melayani pelanggan. Selain dengan metode eksak, penyelesaian VRP, terutama yang berukuran besar dapat dilakukan dengan metode heuristik yang menentukan solusi secara cepat dari segi waktu komputasi meskipun solusi yang diperoleh belum tentu optimal. Metode heuristik dapat dibagi dalam tiga kelompok yaitu metode heuristik konstruktif (constructive heuristic), metode dua fase, dan metode perbaikan (improvement). Pada umumnya metode heuristik konstruktif dan metode perbaikan dilakukan secara bersamaan. Pada penelitian ini dilakukan formulasi masalah pendistribusian barang dalam bentuk VRPTW dan diimplementasikan pada masalah distribusi roti “Sari Roti”. Masalah tersebut selanjutnya diselesaikan dengan beberapa metode heuristik konstruktif. Rute yang diperoleh pada tahap konstruksi diperbaiki dengan metode perbaikan. Hasil masing-masing rute setelah perbaikan, selanjutnya dibandingkan berdasarkan waktu tempuh dan total jarak tempuh. Penelitian ini menggunakan software ILOG . Tahapan-tahapan metode heuristik yang digunakan adalah (1) penentuan rute fisibel awal dengan menggunakan 5 metode konstruksi yaitu saving, sweeping, nearest-to-depot, nearest addition, dan insertion, (2) memperbaiki rute yang diperoleh dari setiap metode konstruksi dengan menerapkan secara simultan 5 metode perbaikan rute yaitu metode 2-opt, metode Or-opt, metode relocate, metode exchange dan metode cross, (3) membandingkan hasil akhir perbaikan rute dari kelima metode berdasarkan total jarak tempuh dan waktu eksekusi. Hasil perbandingan lima metode heuristik konstruktif yang diterapkan pada data distribusi roti “Sari Roti” menunjukkan bahwa, jarak terkecil dari kegiatan distribusi diperoleh dari metode insertion dan jarak terbesar diperoleh dari metode saving, sebaliknya waktu eksekusi tercepat diperoleh dari metode saving dan paling lama pada metode nearest-to-depot. vi Total jarak tempuh distribusi dapat menjadi masukan bagi PT NIC (produsen “Sari Roti”) untuk memilih rute kendaraan guna meningkatkan efisiensi perusahaan sedangkan waktu eksekusi dapat menjadi masukan bagi pengembangan metode heuristik untuk masalah yang berukuran besar. Kata Kunci : graf, optimasi kombinatorial, traveling salesman problem, vehicle routing problem, metode heuristik

Random Quotes

Mencoba sekali lagi lebih baik daripada mencari-cari alasan.

anonim