Judul | : | PENYELESAIAN MODEL MOBIL PENGIKUT PADA JALAN MELINGKAR |
Jenis | : | |
Penulis | : | Ayu Tsurayya, S.Pd |
NRP | : | G551070661 |
Tanggal Lulus | : | 12 July 2010 |
Tanggal Seminar | : | |
Tanggal Sidang | : | |
Pembimbing | : |
|
Ringkasan | : | Arus lalu-lintas merupakan salah satu fenomena nyata yang dapat dideskripsikan melalui pemodelan matematika sebagai model dinamik kontinu dengan sebuah sistem persamaan diferensial biasa. Terdapat dua jenis model yang digunakan sebagai pendekatan terhadap fenomena arus lalu lintas, yakni model makroskopik dan model mikroskopik. Model makroskopik memformulasikan arus lalu-lintas yang terjadi pada sejumlah besar kendaraan. Karakteristik makroskopik dapat dilihat dari parameter kepadatan dan arus lalu-lintas kendaraan pada suatu ruas jalan. Model mikroskopik menjelaskan perilaku pengemudi dalam berinteraksi dengan kendaraan lain di posisi depan. Karakteristik mikroskopik dapat dilihat dari parameter posisi dan kecepatan kendaraan. Model mikroskopik digambarkan oleh sebuah model yang disebut model mobil pengikut (car following model). Gazis, Herman dan Rothery (1960) mengemukakan bahwa pada model mobil pengikut, mobil mengubah kecepatan dan posisi sepanjang jalur tunggal di mana kendaraan lain tidak boleh mendahului. Penelitian ini disusun dalam dua model mobil pengikut yang bergerak pada jalan melingkar dengan meninjau beberapa kasus yang berbeda berdasarkan kecepatan relatif dan kecepatan yang diinginkan pengemudi kendaraan. Model satu menjelaskan setiap pengemudi mobil menyesuaikan kecepatannya menurut kecepatan relatif dan kecepatan yang diinginkan. Model dua menjelaskan pengemudi mobil pemimpin menyesuaikan kecepatannya menurut kecepatan relatif dan kecepatan yang diinginkan sedangkan mobil pengikut hanya berdasarkan kecepatan relatif antarkendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model mobil pengikut pada jalan melingkar oleh Gazis, Herman dan Rothery, menentukan penyelesaian model, dan melakukan simulasi untuk kasus tiga kendaraan. Tujuan dilakukan simulasi adalah untuk mengetahui reaksi pengemudi mobil terhadap pemberian parameter koefisien sensitivitas, yaitu 􀟣 dan􀟙serta kecepatan yang diinginkan pengemudi kendaraan, yaitu 􀟱. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kajian studi pustaka dari model model mobil pengikut. Model diselesaikan dengan metode koefisien taktentu dalam persamaan diferensial. Tahap selanjutnya adalah melakukan simulasi dari model mobil pengikut. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa, model mobil pengikut dapat dinyatakan dalam bentuk sistem persamaan diferensial linear takhomogen dan dapat diselesaikan dengan menggunakan metode koefisien taktentu. Solusi model mobil pengikut dinyatakan sebagai fungsi dari nilai eigen matriks modelnya. Untuk mengubah kecepatan sebagai bentuk respon terhadap mobil di posisi depan, kecepatan yang diinginkan pengemudi mobil pada model 1 tidak selalu dapat dicapai. Berkaitan dengan itu, kecepatan mobil bergantung dari kecepatan mobil yang berada di posisi depan. Untuk menyesuaikan kecepatan dengan mobil diposisi depan, kecepatan yang diinginkan pengemudi mobil pada model 2 selalu dapat dicapai. Sehubungan dengan itu, hanya mobil pemimpin yang memiliki kecepatan yang diinginkan sehingga kecepatan mobil pengikut dipengaruhi dari reaksi mobil pemimpin. Kata kunci: lalu-lintas, model mikroskopik, model mobil pengikut. |
Kita merasa berkecukupan, andaikata tetangga kita tidak memiliki lebih dari yang kita miliki.