Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : Penentuan Rute Bus Karyawan Menggunakan Pemrograman Linear Integer
Jenis : Skripsi
Penulis : Zil'arifah
NRP : g54050899
Tanggal Lulus : 07 February 2012
Tanggal Seminar : 12 July 2011 11:00
Tanggal Sidang : 11 August 2011 14:00
Pembimbing : Drs. Prapto Tri Supriyo, M.Kom.
Dra. Farida Hanum, M.Si.

Ringkasan : Dalam penulisan karya ilmiah ini telah diperlihatkan penyelesaian dari masalah rute bus karyawan. Keputusan tentang rute bus dibuat untuk meminimumkan biaya keseluruhan. Secara matematis, masalah penentuan rute bus karyawan dimana bus tersebut mulai berangkat dari perusahaan yang dianggap sebagai depot dan kembali lagi ke perusahaan tersebut disebut dengan Vehicle Routing Problem (VRP). VRP bertujuan meminimumkan total jarak tempuh bus sehingga dapat meminimumkan biaya logistik suatu perusahaan Masalah penentuan rute bus karyawan dapat dimodelkan sebagai Integer Linear Programming (ILP). Model yang dibuat diharapkan dapat meminimumkan biaya keseluruhan bus dan memenuhi kendala-kendala atau batasan-batasan berikut: (1) setiap pos dikunjungi tepat satu kali oleh satu bus, (2) setiap bus berawal dan berakhir di depot, (3) jumlah karyawan dalam satu rute tidak melebihi kapasitas bus yang melewati rute tersebut, dan (4) tidak terdapat subrute pada formulasi yang dibuat. Penentuan solusi model dilakukan dengan metode branch-and-bound dengan bantuan software Lingo 8.0. Solusi yang diperoleh merupakan solusi optimal yang meminimumkan fungsi tujuan dan memenuhi semua kendala-kendala atau batasan-batasan yang dibuat. Implementasi model dilakukan dengan cara menyimulasikan model yang diambil dari data hipotetik. Data-data yang digunakan adalah jarak antara depot dengan pos-pos penjemputan, jumlah karyawan masing-masing pos, dan jumlah bus yang dioperasikan. Hasil yang dipeoleh menunjukkan bahwa model yang dibuat menghasilkan rute bus dengan total jarak yang minimum sehingga meminimumkan biaya keseluruhan bus.

Random Quotes

Tidak berbicara dengan orang yang dapat diajak bicara, berarti akan kehilangan seseorang. Berbicara dengan orang yang tidak dapat diajak bicara, berarti membuang kata-kata tanpa guna.

anonim