Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : Masalah Pengoptimuman Multikriteria dalam Penjadwalan Tenaga Sukarelawan di Daerah Bencana
Jenis : Skripsi
Penulis : Albrian Wedhaswara Murtanto
NRP : g54061446
Tanggal Lulus : 19 September 2011
Tanggal Seminar : 27 July 2011 15:00
Tanggal Sidang : 09 August 2011 13:00
Pembimbing : Prof. Dr. Toni Bakhtiar, M.Sc.
Dra. Farida Hanum, M.Si.

Ringkasan : Sukarelawan adalah seseorang atau sekelompok orang yang secara ikhlas karena panggilan nuraninya memberikan apa yang dimilikinya tanpa mengharapkan imbalan. Pada penulisan karya ilmiah ini akan diperlihatkan penyelesaian dari masalah penjadwalan sukarelawan di daerah bencana. Permaasalah penjadwalan sukarelawan ini akan dimodelkan sebagai masalah pengoptimuman mutikriteria. Karena masalah penjadwalan sukarelawan ini memiliki dua fungsi objektif. Fungsi objektif pertama bertujuan untuk meminimumkan biaya kekurangan sedangkan fungsi objektif kedua bertujuan untuk meminimumkan penugasan sukarelawan pada blok waktu dan tugas yang tidak diinginkannya. Metode penyelesaian yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan penjadwalan ini adalah metode kendala-e dan metode pembobotan. Pada metode kendala-e, salah satu fungsi objektif akan diubah menjadi kendala baru. Sedangkan pada metode pembobotan, kedua fungsi objektifnya akan digabungkan dengan memberikan bobot pada masing-masing fungsi objektifnya. Penyelesaian masalah penjadwalan ini akan menggunakan bantuan dari software LINGO 8.0 untuk mendapatkan jadwal sukarelawan yang diinginkan.

Random Quotes

Punya rasa humor, akan sangat gampang menjalin pergaulan dengan orang lain. Bahkan lebih dari itu, bakal mudah membawa diri.

anonim