Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : Analisis Kstabilan Model SIR, SIR vaksinasi, SEIR dan MSEIR sebagai Model-model Penyebaran Penyakit Measles
Jenis : Skripsi
Penulis : Ace Suhendar
NRP : g54061901
Tanggal Lulus : 10 March 2011
Tanggal Seminar : 07 February 2011 13:00
Tanggal Sidang : 16 February 2011 13:00
Pembimbing : Drs. Ali Kusnanto, M.Si.
Dr. Paian Sianturi

Ringkasan : Salah satu ancaman terhadap manusia adalah penyakit, terutama penyakit menular yang dibawa oleh berbagai macam mikroba seperti, jamur, parasit dan virus. Penyakit measles merupakan penyakit yang sangat berbahaya, penyakit tersebut disebabkan oleh virus yang dapat menyebar melalui kontak langsung dengan penderita, udara, batuk dan kotoran manusia. Kinbaby(2008) menyebutkan bahwa penyakit tersebut dinilai berbahaya karena dapt menyebabkan komplikasi, kerusakan otak dan organ tubuh lainnya, cacat seumur hidup, kelumpuhan dan bahkan kematian. Perkembangan ilmu pengetahuan di bidang matematika juga turut memberikan peranan penting dalam mencegah meluasnya peneybaran penyakit measles (Castelli dan Romanelli, 2009). Peranan tersebut berupa model matematika yang mempelajaripenyebaran penyakit. Matematiak memberikan salah satu solusi penyelesaian penyebaran penyakit measles. Pertama, pola endemik bisa digambarkan secara matematis dengan mendekati keadaan sebenarnyamelalui suatu model matematika. Kedua, dengan matematika akan dianalisis pola endemik melalui model yang telah dirumuskan berdasarkan suatu asumsi. Model matematika yang dimaksud adalah model endemik SIR,SEIR dan MSEIR. Prilaku sistem dapat diamati pada titik-titik dimana sistem berda pada keadaan stasioner atau kesetimbangan. Titik tersebut selanjutnya disebut titik kesetimbangan.Konsep perilaku sistem pada titik kesetimbangan di kenal dengan kestabilan.Kestabilan tersebut merupakan informasi untuk menyebabkan perilaku sistem.

Random Quotes

Anak lelaki tetap menjadi anak lelaki sehinggalah beliau beristeri. Anak perempuan kekal menjadi anak perempuan seumur hidupnya.

anonim