Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : Masalah Penjadwalan Kereta Api Jalur Ganda Menggunakan Model Job-Shop
Jenis : Skripsi
Penulis : Nur Aprianti Dwiyatcita
NRP : g54070031
Tanggal Lulus : 22 May 2012
Tanggal Seminar : 10 April 2012 10:30
Tanggal Sidang : 13 April 2012 09:00
Pembimbing : Dra. Farida Hanum, M.Si.
Prof. Dr. Toni Bakhtiar, M.Sc.

Ringkasan : Pemodelan masalah penjadwalan kereta api merupakan kasus khusus dari masalah penjadwalan job-shop. Model penjadwalan job-shop dalam karya ilmiah ini akan diimplementasikan dan dimodifikasi untuk menghasilkan model penjadwalan kereta api jalur ganda. Berdasarkan konsep penjadwalan job-shop, perjalanan kereta api dapat dianggap sebagai pekerjaan (job) yang akan dioperasikan pada suatu sumber daya (resource) yang berupa petak blok atau segmen jalur. Formulasi model penjadwalan kereta api pada karya ilmiah ini disusun sesuai dengan aturan-aturan umum yang berlaku pada sistem perkeretaapian. Aturan-aturan tersebut diantaranya aturan persilangan (crossing) penyusulan (overtaking) dan aturan headway. Khusus jalur ganda, aturan persilangan tidak berlaku, hal ini karena terdapat dua jalur yang dapat digunakan untuk dua kereta api yang berlawanan arah. Formulasi model penjadwalan yang dibentuk merupakan jenis integer linear progamming. Model diselesaikan dengan perangkat lunak LING0 11.0 menggunakan algoritme branch and bound untuk meminimumkan total waktu tempuh maksimum (makespan) kereta api. Aplikasi model dilakukan pada kasus jalur ganda, dengan menggunakan data hipotetik dari MRT (Mass Rapid Transit) rute Lebak Bulus-Sisingamangaraja. Jumlah MRT yang disimulasikan sebanyak sepuluh MRT dengan arah dari Lebak Bulus ke Sisingamangaraja dan delapan MRT arah sebaliknya. Jadwal simulasi MRT yang diperlihatkan dengan Gapeka (Grafik Perjalanan Kereta Api) tidak mengandung konflik dan memiliki total makespan selama 1512 menit. Jadwal pada simulasi menunjukkan adanya penundaan (delay) pada MRT Ekspres selama 11 menit. Penundaan tersebut, pada karya ilmiah ini nilainya dapat dibatasi dengan memberikan kendala tambahan pada model.

Random Quotes

Kebanyakan perkara penting yang berlaku di dunia ini disempurnakan oleh mereka yang terus dan sentiasa berusaha walaupun ia nampaknya tidak mempunyai harapan langsung

Dale Carnegie