Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : Pemodelan Transaksi Pelanggan Dengan Menggunakan Model Hidden Markov
Jenis : Skripsi
Penulis : Della Azizah Munawar
NRP : g54070072
Tanggal Lulus : 19 September 2012
Tanggal Seminar : 19 July 2012 10:00
Tanggal Sidang : 23 July 2012 13:00
Pembimbing : Dr. Dra. Berlian Setiawaty, MS.
Ir. Ngakan Komang Kutha Ardana, M.Sc.

Ringkasan : Secara umum, pertemuan yang terjadi antara pelanggan dengan perusahaan disebut pasar. Untuk membentuk sebuah pasar, diperlukan kegiatan transaksi yang dilakukan oleh pelanggan. Transaksi yang dilakukan oleh pelanggan akan terjadi secara berulang. Kejadian ini diteliti oleh Customer Relationship Management (CRM) dengan tujuan menentukan interaksi yang mempengaruhi terjadinya transaksi pelanggan di masa yang akan datang. Transaksi pelanggan dapat dipengaruhi antara lain oleh kualitas pelayanan perusahaan, loyalitas pelanggan, dan adanya promosi serta reward yang dilakukan oleh perusahaan. Faktor yang mempengaruhi transaksi pelanggan diasumsikan tidak diamati secara langsung. Faktor tersebut membentuk sebuah rantai Markov di mana state yang akan datang hanya dipengaruhi oleh state saat ini dan bebas terhadap semua state yang lalu. Dalam model hidden Markov, kejadian yang diamati (proses observasi) akan dipengaruhi oleh beberapa faktor dan akhirnya akan membentuk sebuah state transisi berupa rantai Markov. Karya ilmiah ini, mencoba memodelkan transaksi pelanggan dengan menggunakan model hidden Markov dan metode Rabiner untuk menduga nilai parameter yang memaksimumkan proses observasi untuk mengetahui faktor yang paling mempengaruhi terjadinya transaksi pelanggan.

Random Quotes

Cinta datang kepada mereka yang masih berharap sekalipun pernah dikecewakan, kepada mereka yang masih percaya sekalipun pernah dikhianati, kepada mereka yang masih mencintai sekalipun pernah disakiti hatinya.

anonim