Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : PENGGUNAAN METODE ITERASI VARIASI UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH OSILASI BERPASANGAN
Jenis :
Penulis : Santi Susilawati
NRP : g54080070
Tanggal Lulus : 06 June 2012
Tanggal Seminar : 25 April 2012 09:00
Tanggal Sidang : 10 May 2012 10:00
Pembimbing : Dr. Jaharuddin, MS.
Drs. Ali Kusnanto, M.Si.

Ringkasan : Masalah osilasi berpasangan merupakan suatu masalah osilasi yang dilakukan oleh dua pegas sekaligus secara bersamaan. Model matematika pada masalah osilasi berpasangan berupa suatu sistem persamaan diferensial integral Volterra orde satu. Sistem persamaan diferensial integral Volterra orde satu yang diperoleh dinyatakan dalam variabel simpangan kedua pegas selama osilasi dengan koefisien bergantung pada konstanta pegas dan massa kedua benda. Penurunan model matematika pada masalah osilasi berpasangan menggunakan asumsi bahwa pegas berupa mode normal. Penyelesaian masalah osilasi berpasangan diperoleh dengan menggunakan metode iterasi variasi. Pada metode iterasi variasi dibentuk suatu fungsi koreksi yang berupa formula iterasi, dengan hampiran awal diberikan sembarang. Dengan menggunakan bantuan software berbasis matematika, diperoleh grafik hampiran penyelesaian untuk masalah osilasi berpasangan. Berdasarkan grafik, hampiran penyelesaian untuk pegas kiri mendekati penyelesaian sebenarnya pada selang [0,0.4], sedangkan pada pegas kanan hampiran penyelesaian mendekati penyelesaian sebenarnya pada selang [0,0.6]. Hal ini diperoleh dari iterasi yang dilakukan hingga iterasi ke-57.

Random Quotes

Orang mulia bertindak sebelum bicara, kata-katanya sesuai dengan tindakannya. Sesudah bertindak, ia akan bicara sesuai dengan apa yang telah dilakukannya.

anonim