Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : ANALISIS EFISIENSI UKM PEMBUAT TAHU DI KELURAHAN PASIR JAYA BOGOR DENGAN MENGGUNAKAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA)
Jenis : Skripsi
Penulis : Antik Nurlinda
NRP : g54100065
Tanggal Lulus : 30 December 2014
Tanggal Seminar : 10 November 2014 14:00
Tanggal Sidang : 01 December 2014 13:00
Pembimbing : Prof. Dr. Toni Bakhtiar, M.Sc.
Drs. Prapto Tri Supriyo, M.Kom.

Ringkasan : Kota Bogor memiliki beberapa unit Usaha Kecil dan Menengah (UKM) salah satunya adalah UKM tahu. Sentral produksi tahu di Kota Bogor terdapat di beberapa desa atau kelurahan salah satunya adalah Kelurahan Pasir Jaya. Kedelai merupakan bahan baku dari tahu, kedelai yang digunakan UKM tahu di Kelurahan Pasir Jaya merupakan kedelai impor. Karena harga kedelai inpor terus mengalami kenaikan, sehingga keuntungan yang diperoleh UKM tahu akan berkurang. Agar UKM tahu di Kelurahan Pasir Jaya tetap bisa bertahan dan bersaing maka UKM tahu tersebut harus memiliki kinerja yang baik dan produktivitas tahu yang tinggi, karena produktivitas merupakan indikator utama untuk mengukur kemampuan suatu produksi. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis untuk menilai bagaimana UKM tahu tersebut memiliki kemampuan untuk memaksimalkan sumberdaya yang mereka miliki. Dalam melakukan analisis akan digunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) yang merupakan salah satu teknik pemrograman linear yang ditemukan oleh Charnes, Cooper dan Rhodes (1978) yang digunakan untuk mengukur tingkat efisiensi relatif suatu unit organisasi yang relatif sama berdasarkan input dan output data. Metode DEA dalam penelitian ini digunakan untuk menganalisis efisiensi UKM tahu berdasarkan data input dan output dari UKM tahu di Kelurahan Pasir Jaya. Hasil penelitian ini membantu UKM yang takefisien dalam hal produktivitas untuk meningkatkan produktivitasnya dengan merujuk kepada UKM yang berkinerja lebih baik.

Random Quotes

Jika rakyat diatur oleh pemerintah yang baik dan bermoral serta tata tertib diterapkan dengan ancaman hukuman yang selayaknya, maka rakyat akan menjadi baik karena mereka memiliki rasa malu jika berbuat salah.

anonim