Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : Pengukuran Fertilitas Dengan Menggunakan Metode Rele dan Metode Gunasekaran-Palmore
Jenis : Skripsi
Penulis : Ika Sorvianti
NRP : g54104067
Tanggal Lulus : 08 February 2012
Tanggal Seminar : 08 December 2011 10:00
Tanggal Sidang : 20 December 2011 13:00
Pembimbing : Dr. Ir. Retno Budiarti, MS.
Dr. Ir. Hadi Sumarno, MS.

Ringkasan : Pengukuran fertilitas diperlukan untuk mengetahui proyeksi jumlah penduduk diwaktu mendatang, selain itu ukuran fertilitas juga dapat digunakan untuk memetakan daerah-daerah yang memiliki fertilitas yang tinggi. Pada negara berkembang, informasi kependudukan hanya diperoleh melalui data sensus penduduk yang dilakukan sepuluh tahun sekali, namun data sensus yang diperoleh sangat terbatas, hanya memberikan informasi jumlah penduduk yang hidup pada saat sensus diadakan dan tidak mencatat secara lengkap jumlah bayi lahir hidup yang kemudian meninggal pada waktu sensus belum diadakan, sehingga gambaran tentang fertilitas diperoleh secara tak langsung. Pengukuran fertilitas tak langsung menggunakan metode Rele dan metode Gunasekaran-Palmore. Kedua metode tersebut menggunakan data sebaran penduduk menurut umur dan angka harapan hidup untuk mengukur GRR(Gross Reproduction Rate)yaitu ukuran fertilitas terhadap bayi perempuan yang dilahirkan seorang wanita selama hidupnya.Dimana diasumsikan rasio jenis kelamin bayi perempuan dan bayi laki-laki masing-masing adalah 1.00 dan 1.05. Nilai TFR(Total Fertility Rate) diperoleh dengan mengalikan GRR dengan faktor 2.05, TFR merupakan ukuran fertilitas yang menunujukkan rata-rata jumlah bayi yang akan dilahirkan seorang wanita selama hidupnya.

Random Quotes

Masa depan yang cerah selalu tergantung pada masa lalu yang dilupakan. Kamu tidak dapat hidup terus dengan baik jika kamu tidak melupakan kegagalan dan sakit hati di masa lalu.

anonim