Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : Perhitungan Dana Pensiun untuk Program Jaminan Pensiun dengan Metode Cost Prorate Tipe Constant Persent
Jenis : Skripsi
Penulis : Widya Harumsari
NRP : g54110043
Tanggal Lulus : 23 December 2015
Tanggal Seminar : 16 September 2015 09:00
Tanggal Sidang : 30 September 2015 08:00
Pembimbing : Ruhiyat, S.Si., M.Si.
Dr. Ir. I Gusti Putu Purnaba, DEA.

Ringkasan : Pensiun merupakan keadaan di mana seorang pekerja tidak dapat lagi bekerja dikarenakan suatu hal tertentu. Untuk menjamin kebutuhan hidupnya saat masa pensiun, pekerja dapat mengikuti program pendanaan pensiun yang dikelola oleh dana pensiun. Pada pemberi kerja, dana pensiun bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada para karyawan yang telah lama mengabdi kepada perusahaannya, memberikan rasa aman pada karyawan dan meningkatkan kinerja serta motivasi karyawan. Bagi pekerja, dana pensiun bertujuan untuk meningkatkan motivasi bekerja. Bentuk program pendanaan pensiun dapat dibedakan menjadi dua model, yaitu: Defined Benefit Plan, yang dilakukan oleh Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK) dan Defined Contribution Plan, yang dilakukan oleh Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) serta DPPK (Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 1992). Defined Benefit Plan (Program Pensiun Manfaat Pasti) merupakan program pensiun yang manfaatnya telah ditetapkan besarnya, sehingga iuran peserta pensiun dapat diketahui dari jumlah manfaat pensiun dibagi waktu masa kerja sampai dengan usia pensiun (Kadarisman dan Wahyuni 2010). Model Defined Benefit Plan digunakan untuk menyelesaikan program pendanaan pensiun. Pada model Defined Benefit Plan terdapat tiga metode, yaitu: Accrued Benefit, Benefit Prorate, dan Cost Prorate. Metode tersebut dapat digunakan dalam pembentukan beberapa perumusan yang berhubungan dengan pendanaan pensiun, antara lain: Actuarial Liability, Normal Cost, Present Value of Future Benefit, dan Supplemental Cost. Penelitian ini akan membahas lebih lanjut tentang metode Cost Prorate. Metode ini merupakan metode aktuaria yang nilai manfaatnya dihitung berdasarkan masa kerja dan gaji peserta. Metode ini memiliki dua tipe untuk menghitung kewajiban aktuaria dan iuran normal, yaitu Tipe Constant Dollar dan Tipe Constant Percent. Tipe Constant Dollar merupakan perhitungan nilai sekarang dari manfaat pensiun yang dihitung berdasarkan masa kerja peserta dari usia pertama kali masuk hingga pensiun. Tipe Constant Percent merupakan perhitungan nilai sekarang dari manfaat pensiun yang dihitung berdasarkan gaji peserta dari pertama kali masuk hingga pensiun (Winklevoss 1993). Pada penelitian ini perhitungan fungsi manfaat menggunakan Career Average.

Random Quotes

Walaupun harta duniawi berharga, nilai mereka bisa dihitung. Tetapi kehormatan sebaliknya, tak ternilai. Mereka yang mengenalinya akan dapat melakukan hal yang hebat untuk negara.

anonim