Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : Pemilihan Alternatif Multikriteria Menggunakan Metode Fuzzy TOPSIS dan SAW
Jenis : Skripsi
Penulis : Akulin Giyai
NRP : g54120085
Tanggal Lulus : 27 February 2018
Tanggal Seminar : 05 December 2017 13:00
Tanggal Sidang : 19 December 2017 13:00
Pembimbing : Elis Khatizah, S.Si., M.Si.
Dra. Farida Hanum, M.Si.

Ringkasan : Dewasa ini, internet merupakan salah satu penentu tingkat perkembangan dan kemajuan peradaban manusia. Internet menjelma menjadi jaringan raksasa yang mampu menghubungkan masyarakat global dari berbagai negara untuk berkomunikasi dan mencari informasi secara cepat. Dari sisi kegunaan, internet tidak terbatas sebagai sarana komunikasi. Sebagaimana diketahui, banyak sekali penyedia layanan internet dengan tawaran yang bervariasi. Kondisi ini membuat para pengguna relatif sulit untuk menentukan layanan internet yang akan dipilih. Salah satu cara untuk menentukan layanan internet terbaik yang akan dipilih adalah dengan memilih alternatif terbaik dari beberapa alternatif berdasarkan kriteria yang tersedia. Oleh karena itu diperlukan satu sistem pendukung keputusan yang dapat membantu pengguna dalam menganalisis kriteria-kriteria yang ada pada setiap penyedia layanan internet. Proses pengambilan keputusan banyak kriteria dapat dilakukan dengan metode multiple criteria decision making (MCDM). MCDM merupakan masalah pengambilan keputusan yang relatif kompleks, yang mengikutsertakan beberapa orang pengambil keputusan, dengan sejumlah berhingga kriteria yang beragam, dan setiap kriteria itu memiliki nilai bobot tertentu, dengan tujuan mendapatkan solusi optimal atas suatu permasalahan (Kusumadewi et al. 2006). Dalam karya ilmiah ini akan digunakan metode fuzzy TOPSIS dan SAW. Kasus yang akan diambil dalam karya ilmiah ini adalah penentuan provider internet. Kata kunci: logika fuzzy, fuzzy TOPSIS, simple additive weighting (SAW)

Random Quotes

Doa memberikan kekuatan pada orang yang lemah, membuat orang tidak percaya menjadi percaya dan memberikan keberanian pada orang yang ketakutan.

anonim