Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : Penentuan Besaran Premi Produk Asuransi Pertanian Berdasarkan Pertimbangan Curah Hujan
Jenis :
Penulis : Siti Umamah Naili Muna
NRP : g54130035
Tanggal Lulus : 13 July 2017
Tanggal Seminar : 30 May 2017 10:30
Tanggal Sidang : 16 June 2017 08:00
Pembimbing : Dr. Ir. I Gusti Putu Purnaba, DEA.
Dr. Dra. Berlian Setiawaty, MS.

Ringkasan : Produk asuransi pertanian berdasarkan pertimbangan curah hujan tidak mengasuransikan tanaman, melainkan indeks curah hujan. Data curah hujan kurun waktu tertentu masa lalu dimodelkan dengan distribusi normal, lognormal, dan gamma. Parameter dari masing-masing distribusi diduga dengan Maximum Likelihood Estimator (MLE). Distribusi yang paling sesuai memodelkan data curah hujan kurun waktu tertentu berdasarkan uji Anderson-Darling, digunakan untuk menentukan parameter indeks curah hujan, yaitu exit dan trigger. Exit dan trigger akan menentukan tiga kondisi pembayaran klaim asuransi dan besaran premi. Simulasi menggunakan data curah hujan Dramaga Bogor sejak tahun 1984 sampai tahun 2013. K menyatakan kesediaan perusahaan asuransi menjamin pembayaran benefit penuh. L menyatakan kesediaan perusahaan asuransi menjamin pembayaran benefit penuh maupun sebagian. Jika benefit penuh yang diberikan sebesar Rp 6000 000 maka premi bersih untuk kasus I (K=5%,L=50%) diperoleh Rp 1362 240/ha lahan pertanian dan premi bersih untuk kasus II (K=4%,L=20%) diperoleh Rp 608 928/ ha lahan pertanian.

Random Quotes

Seseorang yang selalu mengulang apa yang telah dipelajari sebelumnya dan terus mengejar pengetahuan baru, maka orang yang seperti itulah yang cocok untuk menjadi guru bagi orang lain.

anonim