Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : Pengaruh Jumlah Mangsa Untuk Kelangsungan Hidup Satu Pemangsa Dan Waktu Tunda Pada Model Holling-Tanner
Jenis :
Penulis : Arhidayat Fajri Pratama
NRP : g54130038
Tanggal Lulus : 09 August 2017
Tanggal Seminar : 12 June 2017 10:00
Tanggal Sidang : 19 July 2017 13:00
Pembimbing : Drs. Ali Kusnanto, M.Si.
Dr. Ir. Endar H. Nugrahani, MS.

Ringkasan : Model mangsa-pemangsa Holling-Tanner memiliki 6 parameter yang akan saling mempengaruhi populasi mangsa dan pemangsa. Waktu tunda mungkin juga akan mempengaruhi kestabilan populasi serta mampu menghasilkan dinamika yang beragam. Analisis kestabilan dilakukan pada model tanpa dan dengan waktu tunda. Dalam model tanpa waktu tunda diperoleh dua titik tetap, dengan titik tetap pertama selalu bersifat sadel dan titik tetap kedua dapat bersifat simpul stabil, spiral stabil, dan spiral tak stabil. Penurunan nilai parameter jumlah mangsa yang diperlukan untuk kelangsungan hidup satu pemangsa pada kesetimbangan sistem akan menyebabkan kestabilan sistem mangsa-pemangsa akan berubah dari spiral stabil menjadi spiral tak stabil. Pada model tanpa waktu tunda telah terdapat limit cycle dan terjadi bifurkasi Hopf. Pemasukan waktu tunda pada persamaan logistik mangsa juga menyebabkan perubahan kestabilan sistem mangsa-pemangsa dari spiral stabil menjadi spiral tak stabil. Hal ini juga menyebabkan munculnya limit cycle dan terjadi bifurkasi Hopf.

Random Quotes

Kebijakan itu seperti cairan, kegunaannya terletak pada penerapan yang benar, orang pintar bisa gagal karena ia memikirkan terlalu banyak hal, sedangkan orang bodoh sering kali berhasil dengan melakukan tindakan tepat.

anonim