Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : Optimasi Pengoperasian Armada Bus Feeder di Stasiun Tebet Menggunakan Nonlinear Integer Programming
Jenis :
Penulis : Ahmad Junaedi
NRP : g54130047
Tanggal Lulus : 27 September 2017
Tanggal Seminar : 13 July 2017 13:30
Tanggal Sidang : 01 August 2017 13:00
Pembimbing : Drs. Prapto Tri Supriyo, M.Kom.
Prof. Dr. Ir. Bib Paruhum Silalahi, M.Kom.

Ringkasan : Tingkat mobilitas yang tinggi di DKI Jakarta sudah seharusnya ditunjang dengan transportasi yang terintegtasi serta tertata dengan baik. PT. Transportasi Jakarta merancang suatu sistem layanan transportasi masyarakat melalui pengoperasian bus Feeder di beberapa tempat di Jakarta, salah satunya di Stasiun Tebet. Dalam pelaksanaannya, masih banyak kekurangan yang terjadi seperti pada saat penumpang yang mengalami fluktuasi pada waktu puncak dan waktu nonpuncak. Situasi ini mengakibatkan sarana dan prasarana transportasi yang disediakan menjadi rendah utilitasnya serta biaya operasional meningkat. Penelitian ini memberikan model optimasi untuk menentukan penjadwalan bus Feeder Stasiun Tebet dalam satu hari, agar penumpang dilayani dengan baik dan biaya operasional bus menjadi minimum. Model diformulasikan dengan menggunakan Integer Nonlinear Programming (INLP) dan diimplementasikan menggunakan software LINGO 11.0 dengan fungsi objektif meminimumkan biaya operasional.

Random Quotes

Cinta datang kepada mereka yang masih berharap sekalipun pernah dikecewakan, kepada mereka yang masih percaya sekalipun pernah dikhianati, kepada mereka yang masih mencintai sekalipun pernah disakiti hatinya.

anonim