Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : Konstruksi Skema Pembagian Rahasia Asmuth Bloom yang Diterapkan pada Algoritme ELGamal
Jenis : Skripsi
Penulis : Nur Imad Al Haq
NRP : g54140035
Tanggal Lulus : 19 October 2018
Tanggal Seminar : 28 August 2018 10:00
Tanggal Sidang : 19 September 2018 13:00
Pembimbing : Dr. Sugi Guritman
Dra. Nur Aliatiningtyas, MS.

Ringkasan : Kegiatan bertukar informasi merupakan hal yang sudah biasa dilakukan banyak orang dari berbagai latar belakang di zaman modern ini. Namun dalam aplikasinya, masalah keamanan dan juga kepemilikan bersama terhadap suatu data menjadi suatu resiko bagi pihak yang melakukan pertukaran informasi tersebut. Secret sharing merupakan salah satu metode untuk mengamankan suatu rahasia dengan membagi atau mendistribusikan rahasia tersebut menjadi beberapa bagian serpihan yang disebut share. Salah satu alasan adanya secret sharing adalah perlindungan terhadap ancaman kehilangan kunci kriptografi. Skema secret sharing yang diterapkan pada aplikasi ini adalah skema pembagian rahasia Asmuth Bloom yang diterapkan pada algoritme ElGamal. Algoritme ElGamal terdiri dari tiga proses. Pertama, proses pembentukan kunci. Kedua, proses enkripsi yang mengubah pesan bermakna menjadi pesan sandi. Dan ketiga adalah proses dekripsi yang mengembalikan pesan bersandi tersebut menjadi pesan bermakna kembali. Masalah logaritma diskret merupakan tumpuan utama sistem keamanan algoritme ini.

Random Quotes

Walaupun harta duniawi berharga, nilai mereka bisa dihitung. Tetapi kehormatan sebaliknya, tak ternilai. Mereka yang mengenalinya akan dapat melakukan hal yang hebat untuk negara.

anonim