Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

Jati Diri
Departemen Matematika  FMIPA-IPB didirikan pada tanggal 8 Desember 1983 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0546/O/1983. Pada tahap awal pendiriannya, Departemen Matematika hanya memiliki empat orang tenaga pengajar tetap (1 orang doktor, 1 orang sarjana, dan 2 orang tengah menempuh pendidikan magister).

Pada saat itu Departemen memfokuskan aktivitasnya pada penerimaan staf baru dan meningkatkan kualitas stafnya dengan mengirim mereka ke luar negeri untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (program magister dan doktoral). Karena keterbatasan sumberdaya, pada kurun waktu 1985 – 1990, Departemen Matematika baru bisa menawarkan program Diploma 3 (D3) dalam bidang pendidikan Matematika.

Sejalan dengan perkembangan jumlah staf, Departemen Matematika mulai menawarkan Program S1 Matematika pada tahun ajaran 1989/1990 berdasarkan surat keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 177/DIKTI/Kep/1992. Hingga saat ini Departemen mengasuh satu program studi S1 Matematika. Pada saat pendirian program studi S1 Matematika, Departemen memiliki 15 dosen dengan kualifikasi 1 doktor, 1 magister, dan 13 sarjana. Pada saat itu telah dibentuk tiga bagian (Kelompok Bidang Ilmu) yaitu Matematika Murni, Matematika Terapan, dan Matematika Komputasi.

Untuk mengantisipasi peran matematikawan yang semakin meluas di milenium baru ini, Departemen Matematika IPB meningkatkan kiprahnya melalui pembukaan Program S2 Matematika pada tahun 2005.  Pendidikan pascasarjana bidang matematika di Departemen Matematika FMIPA-IPB telah dirasakan perlu saat ini, yaitu untuk:
  1. Memenuhi kebutuhan tenaga matematikawan di Indonesia, seperti untuk menunjang kegiatan pendidikan, penelitian,  industri, ekonomi dan lain sebagainya.
  2. Mendorong kerjasama dengan pihak pengguna matematika. Hal ini seiring dengan kemajuan teknologi yang pesat serta permasalahan yang dihadapi di masa mendatang diperkirakan akan lebih berat, sehingga kebutuhan akan ahli matematika sebagai tenaga perencana, problem solvers di industri, dan lain sebagainya tidak bisa dihindarkan lagi.
  3. Memberikan kesempatan dan tantangan kepada staf di Departemen Matematika IPB untuk mengembangkan berbagai matakuliah sesuai dengan minat dan keahliannya.
  4. Menciptakan lingkungan akademik yang lebih baik dengan tuntutan penelitian yang lebih aktif.

Sejak tahun 2006 Departemen Matematika mengembangkan struktur bagiannya menjadi lima. Kelima bagian tersebut yaitu: (1) Matematika Murni, (2) Matematika Komputasi, (3) Riset Operasi, (4), Matematika Ekonomi, Keuangan, dan Aktuaria, serta (5) Pemodelan Matematika. Perkembangan tenaga pengajar di Departemen Matematika sangat progresif, baik dalam jumlah maupun kualifikasi pendidikan. Saat ini ada 29 tenaga pengajar dengan latar belakang pendidikan: 13 doktor, 3 kandidat doktor, 13 magister.
 

Random Quotes

Jika anda tidak bisa menjadi orang pandai, jadilah orang yang baik.

anonim